Pemerintah Wajibkan ASN Mengikuti Upacara Lahirnya Pancasila

0
457
Korps Pegawai Republik Indonesia FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia-Nasional) Pemerintah mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Sabtu, 1 Juni 2019. Sekalipun pada Kamis 30 Mei 2019 mendatang adalah hari libur nasional (Kenaikan Isa Al Masih) dan pada hari Jumat, 31 Mei 2019 adalah hari kejepit. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Kepala BKN Nomor 01 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2019.

Surat Edaran tersebut menyebutkan seluruh pegawai BKN wajib mengikuti upacara bendera di Kantor Pusat BKN dan Kantor Regional BKN I-XIV, serta di Pusat Pengembangan BKN.

Bagi pegawai BKN yang sedang menjalani cuti dapat mengikuti upacara di Kantor Pusat BKN, Kantor Regional I-XIV, atau Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) sesuai keberadaan pegawai pada saat menjalani cuti, demikian bunyi poin ke-3 Surat Edaran Kepala BKN.

Sejalan dengan hal tersebut, hal ini juga berlaku bagi para pegawai di lingkungan lembaga kepresidenan juga wajib mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, yang akan digelar di Lapangan Upacara Kementerian Sekretariat Negara pada 1 Juni 2019.

Sedangkan bagi para pejabat dan pegawai yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada tanggal 1 Juni 2019 juga berkewajiban mengikuti upacara, sementara bagi pejabat dan pegawai yang berada di luar Jadobetabek mengikuti upacara di Kantor Pemerintah Daerah sesuai keberadaan pejabat/pegawai tersebut.

Surat edaran BKN ini juga berlaku bagi para pegawai yang sedang cuti. Para ASN tersebut berkewajiban mengirimkan bukti bahwa yang bersangkutan mengikuti upacara dengan melampirkan foto yang dikirimkan ke Kepala Unit Kerja masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here