Tingkatkan TKDD, Pemerintah Berharap Kesenjangan Sosial di Daerah Berkurang

0
141
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO: SETKAB

(Vibizmedia-Nasional) Pemerintah berharap kebijakan Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) menjadi instrumen stimulus yang memberikan dampak multiplier terhadap pembangunan hingga pelosok pedesaan.

Kebijakan tersebut diambil pemerintah untuk mengurangi kesenjangan ekonomi di semua wilayah.

Untuk itu, menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, pemerintah terus konsisten meningkatkan kualitas layanan publik atau public service delivery dan kesejahteraan masyarakat atau social welfare serta mengurangi kesenjangan fiskal antardaerah, jelasnya dalam rapat paripurna DPR, pada Selasa (11/6).

Pemerintah pun konsisten meningkatkan alokasi TKDD dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Baginya, peningkatan alokasi tersebut juga diikuti dengan upaya peningkatan kualitas pengelolaannya.

Upaya peningkatan kualitas pengelolaan TKDD kualitas program antaranya melalui peningkatan sinergi pusat dan daerah terutama pada aspek perencanaan dan penganggaran serta mendorong penggunaan belanja di daerah yang lebih produktif, efektif, dan efisien berdasarkan prinsip value for money, jelas Sri Mulyani.

Selain itu, pemerintah akan memperkuat mekanisme reward and punishment dalam pengelolaan TKDD untuk setiap pemerintah daerah.

Menkeu tegaskan pemerintah juga akan memperkuat mekanisme reward and punishment dalam pengelolaan TKDD sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kinerja pemerintah daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here