Beberapa Tipe Social Media Influencer

0
403

Zaman sekarang, memang sulit kalau tidak menggunakan sosial media (sosmed). Segala sesuatu, sering menggunakan sosmed untuk banyak hal, baik untuk memberikan informasi, memberikan klarifikasi, dan bahkan untuk popularitas diri semata. Karena faktor itulah, maka profesi social media influencer, kini ramai dimana-mana.

Bicara mengenai fungsi sosial media, sekarang fungsinya cukup lengkap. Bisa sebagai klarifikasi, informasi, bahkan pendokrak popularitas diri. Kalau bicara fungsi sosial sebagai klarifikasi, ada beberapa social media influencer yang terkenal.

Sebut saja Bang Jack, anggota Kepolisian RI yang terkenal dengan instagramnya @jacklyn_choppers, atau Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi Pudjiastuti yang terkenal dengan instagram @susipudjiastuti115 yang diikuti sekitar 2,3 juta orang, dan masih banyak lainnya. Selain instagram, media sosial Twitter juga sangat digunakan untuk memberikan klarifikasi, seperti yang aktif digunakan oleh Presiden Amerika Serikat Donald J.Trump.

Kalau bicara tentang sosmed yang digunakan untuk popularitas diri, ini sudah pasti setiap orang sangat paham. Asal tahu saja, saat ini, karena saat ini menjadi influencer melalui sosmed untuk promosi diri, seperti menjadi youtuber atau instagram artist, adalah salah satu impian dari para pelaku industri kreatif.

Kalau kita perhatikan, semua orang terkenal yang menggunakan sosial media untuk keperluannya, baik untuk informasi, klarifikasi, ataupun untuk popularitas, terbagi dalam beberapa karakter :

1.       Tipe apa adanya

Untuk tipe ini, biasanya pribadi yang tampil di sosmed tersebut, cenderung menganggap viewers atau netizen sebagai temannya. Tak heran, biasanya pengguna sosmed tipe ini bicara apa adanya, bahkan juga sesekali menonjolkan kesehariannya.

2.       Tipe yang selalu tampil rapih di depan kamera

Untuk tipe ini, biasanya digunakan oleh social media influencer yang fokus pada profesinya sebagai content creator. Ia biasanya harus konsisten mengambil sudut foto yang menarik, untuk mendapatkan endorsement dari produk-produk fashion, makanan, atau lainnya. Contohnya, seperti account yang dimiliki Acha Sinaga, Anastasia Siantar, dan lainnya.

3.       Tipe yang tampil sesuai profesi

Yang ini, bisa kita lihat pada IG Bang Jack, yang terkenal dengan nama @jacklyn_choppers. Seorang polisi profesional, yang seringkali IG nya digunakan untuk memberikan klarifikasi. Memang, ia tetap menunjukkan sisi lainnya, seperti suka main aplikasi Tic Toc, tetapi fungsi utamanya adalah sebagai polisi yang memberi klarifikasi pada masyarakat.

Selain itu, tentu saja pasti kita mengenal Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani Indrawati dengan akun sosmednya @smindrawati, yang diikuti oleh sekitar 1,3 juta pengikut. Sebagai Menteri Keuangan, tentu saja update mengenai keuangan sangat ditunggu oleh masyarakat melalui akun sosmednya. Selain itu, ia juga tetap memberikan update tentang profesinya sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

4.       Tipe anonym

Tipe ini, lumayan unik tapi menarik. Tipe seperti ini, banyak ditemukan pada saat Pilpres kemarin. Biasanya, pemilik akun, jarang mencantumkan nama aslinya di IG, hanya nama yang dikenal masyarakat, tanpa foto asli, tetapi isinya biasanya berupa informasi yang ditunggu masyarakat. Contohnya, seperti akun @el_diablo

5. Tipe wartawan

Tipe ini, saya temukan setelah melihat semua IG jurnalis maupun presenter baik di dalam negeri maupun luar negeri. Isinya tidaklah model yang rapi dan teratur seperti layaknya content creator, tetapi malah cenderung sangat beragam. Namun, biasanya IG ini lebih banyak menampilkan kehidupan pribadi, terkadang political views, dan juga beberapa cuplikan video atau foto saat bertemu tokoh ternama dunia.

Nah, melihat 5 tipe diatas. Yang mana tipe Anda? Begitu pentingnya social media sekarang, sampai saya pernah tahu, seorang politikus ternama yang tak punya IG saja, sampai fansnya rela membuatkan untuknya. Itulah the art of social media.

Namun, tetaplah ingat suatu prinsip, jika Anda ingin berkarya di social media, yaitu harus bijak dalam melakukan posting. Pastinya, untuk masa depan dan reputasi Anda juga nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here