Mulai 1 Juli 2019, 56 Penerbangan di Bandara Bandung Pindah Ke Bandara Kertajati

0
373
Bandara Kertajati, Majalengka Jawa Barat. Foto: Setkab

(Vibizmedia-Nasional) Efektif pada 1 Juli 2019 mendatang, penerbangan domestik menggunakan pesawat jenis jet rute luar Pulau Jawa dipindahkan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pengalihan tersebut dilakukan secara bertahap, ungkapnya pada Selasa (18/6).

Budi jelaskan pengalihan, ada yang melakukannya pada tanggal 20 dan 23 Juni 2019, dengan pergerakan ada 28 take off dan 28 landing. Sehingga ada 56 pergerakan pesawat yang pindah ke Kertajati yaitu semua pesawat jet dalam negeri.

Dengan pemindahan ini, nantinya Bandara Husein Sastranegara Bandung hanya melayani rute domestik dari pulau Jawa dengan pesawat jenis propeller (baling-baling) dan rute Internasional, jelas Budi.

Sementara, penerbangan luar negeri yang totalnya kurang lebih 32 take off dan 32 landing dengan total 64 movement
di Bandung, nantinya melayani menggunakan pesawat propeller (baling-baling).

Menurut Budi, semuanya itu adalah bagian yang kita sepakati. Insya Allah kita bisa melaksanakan dengan baik, jelasnya.

Sebagai informasi dari 56 pergerakan pesawat jet yang akan pindah dari Bandung ke Kertajati antara lain penerbangan dengan jurusan luar Pulau Jawa seperti ke Banjarmasin, Balikpapan, Batam, Bali, Kualanamu, Lombok, Pekanbaru, Pontianak, Makassar dan lain sebagainya.

Untuk maskapai yang sudah menyatakan komitmennya antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya, Nam dan Citilink. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here