Posting Twitter Presiden Trump Buat Harga Minyak Mentah Melonjak

0
321

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak mentah acuan internasional atau minyak Brent  dan harga minyak mentah Amerika (WTI) pada akhir sesi Amerika beberapa saat lalu Rabu (19/06) melonjak kuat  setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan dia akan mengadakan pertemuan lanjutan  dengan Presiden Cina Xi Jinping di KTT G20 akhir bulan ini.

Selain itu sentimen positif pasar juga datang dari ketegangan di Timur Tengah setelah serangan tanker pekan lalu, dengan pemerintah AS berencana mengirim lebih banyak pasukan ke Timur Tengah.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik $1,75, atau 3,4%, menjadi $54,30 per barel, merupakan posisi tertinggi sepekan. Untuk harga minyak mentah berjangka Brent atau acuan minyak global naik $1,07 atau 1,8% dari perdagangan sebelumnya  menjadi $62,01 per barel.

Presiden Donald Trump mengatakan dalam sebuah posting di Twitter bahwa ia memiliki percakapan telepon yang  sangat bagus  dengan Presiden Cina Xi Jinping dan akan mengadakan pertemuan   pada pertemuan puncak G20 minggu depan.

Tweet dari Trump telah menyebabkan optimisme baru bahwa AS dan China akhirnya bisa mencapai kesepakatan untuk mengakhiri sengketa perdagangan jangka panjang mereka. Trump sebelumnya mengancam akan menaikkan tarif barang China senilai $300 miliar lagi jika Xi tidak menghadiri KTT G20.

Kekhawatiran akan konfrontasi antara Iran dan Amerika Serikat telah meningkat sejak serangan kapal tanker minyak Kamis lalu, yang dituduh Washington terhadap Teheran. Iran membantah terlibat. Trump mengatakan dia siap mengambil tindakan militer untuk menghentikan Teheran yang memiliki bom nuklir.

Meneteri Pertahanan AS Patrick Shanahan mengumumkan pada hari Senin akan mengerahkan sekitar 1.000 tentara ke Timur Tengah untuk  tujuan defensif dari  ancaman dari Iran.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here