Hadapi Perdagangan Global, ALFI dan Organda Bangun Sistem Multimoda Digital

0
351
Ilustrasi ekspor. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/MARULI SINAMBELA

(Vibizmedia-Nasional) Guna mengantisipasi persaingan perdagangan bebas global, Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia (ALFI) bekerja sama dengan ORGANDA membangun sistem angkutan multimoda di Indonesia berbasis digital.

Ketua Umum ALFI Yukki Hanafi mengatakan perusahaan freight forwarding anggota ALFI yang bertindak sebagai operator angkutan multimoda tidak semuanya memiliki armada angkutan barang di jalan raya (truk) sendiri.

Ia pun menambahkan bahwa perusahaan angkutan truk anggota ORGANDA juga tidak semuanya dapat bertindak sebagai operator angkutan multimoda.

Selain itu, belum adanya sistem Dokumen Angkutan Barang (DAB), yang didukung oleh STC (Standard Trading Condition) pada perusahaan truk anggota ORGANDA agar diterima di pasar internasional.

Menurutnya, ALFI yang telah memiliki STC sejak 1989, Ia berharap tidak hanya dapat diterima di pasar dalam negeri, tetapi juga di pasar internasional. Yukki sampaikan ALFI telah berafiliasi dengan AFFA, APAA dan FIATA.

Diharapkan melalui kerja sama dua asosiasi ini, dapat mewujudkan sistem angkutan multimoda dalam rangka mendukung kelancaran perdagangan internasional di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here