Pertemuan Trump-Xi Jinping Hari Sabtu Menjadi Perhatian Utama

0
349

(Vibizmedia – Economy & Business) Presiden AS Donald Trump akan mengadakan pembicaraan perdagangan yang sangat dinanti-nantikan dengan Presiden China Xi Jinping di Osaka pada pukul 11:30 pagi (0230 GMT) pada hari Sabtu, demikian pernyataan juru bicara Gedung Putih seperti yang dilansir Reuters.

Pertemuan bilateral, yang bertujuan untuk menghentikan kenaikan tarif impor AS untuk barang-barang konsumsi dan barang-barang lain dari Tiongkok, kemungkinan akan menjadi acara yang paling banyak dicermati di KTT G20, yang diselenggarakan oleh Jepang.

Trump akan mengadakan total sembilan pertemuan bilateral selama waktunya di Jepang, termasuk satu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Jumat (0500 GMT), juru bicara Gedung Putih Hogan Gidley.

Pertemuan akan dimulai pada hari Kamis ketika Trump mendarat dan makan malam dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Pada hari Jumat, Trump akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan kemudian dengan Abe dan Perdana Menteri India Narendra Modi, sebelum bertemu secara terpisah dengan Modi.

Trump juga menambahkan pertemuan bilateral dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro pada hari Jumat dalam jadwalnya.

Pertemua Trump dengan Xi Jinping ini paling dinantikan oleh para investor pasar global, karena hasil dari pertemuan ini dapat menjadi penggerak bagi pasar global. Jika hasil pertemuan adalah positif bagi kesepakatan dagang AS-China, akan mengangkat pasar global. Namun sebaliknya, jika menemui jalan buntu, maka akan mengangkat lagi ketegangan perang dagang yang dapat menekan perekonomian global.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here