Liburnya Bursa Amerika Buat Pasar Emas Tidak Likuid dan Harganya Turun

0
452

(Vibizmedia-Commodity) – Mengakhiri perdagangan komoditi sesi Amerika Jumat (05/07) harga emas retreat oleh aksi profit taking pasar di tengah liburnya perdagangan pasar keuangan Amerika sebelum mencermati data non farm payroll yang akan dirilis hari ini. Harga emas juga terpangkas kuatnya minat pasar pada perdagangan bursa saham global, sekalipun posisi dolar AS masih lemah.

Harga emas spot atau LLG ditutup turun   0,21 % pada $1,415.26 per troy ounce, setelah sempat jatuh ke level rendah  di $1,410.10.  Demikian untuk harga emas berjangka AS kontrak bulan Agustus  turun  0,22% menjadi $1,417.70 per troy ounce.

Dengan ditutupnya bursa saham Wall Street  untuk liburan Independence Day di Amerika, pasar emas menjadi kurang likuid dan investor difokuskan pada data  non-farm payroll AS untuk indikasi penurunan suku bunga dari pertemuan Federal Reserve AS di bulan Juli. Data NFP malam nanti diperkirakan akan meningkat 160.000 pada bulan Juni dibandingkan dengan 75.000 pada bulan Mei.

Obligasi pemerintah mendekati posisi terendah multi-tahun karena spekulasi bahwa Bank Sentral Amerika Serikat akan memangkas suku bunga bulan ini dan bahwa bank sentral utama lainnya akan menerapkan kebijakan moneter yang lebih longgar, mendorong saham dunia naik ke level tertinggi baru 18-bulan baru.

Ekspektasi pendekatan dovish terhadap kebijakan moneter global, telah mendorong arus masuk ke emas. Suku bunga yang lebih rendah cenderung membuat emas yang tidak menghasilkan lebih menarik bagi investor.

Harga emas murni atau Bullion mencapai posisi harga tertinggi enam tahun pekan lalu di $ 1,438.63 per ons, didorong oleh pandangan dovish dari bank sentral utama dan eskalasi ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran.

Untuk perdagangan selanjutnya  hingga sesi Amerika malam nanti emas kembali akan menguji posisi resisten pada kisaran 1435.00, yang mengarah ke kenaikan di kisaran $1.443 – $1.456.  Namun jika bergerak lemah  akan  turun ke posisi support di 1406.30– 1401.05.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here