Jurnal Ekonomi Bank Indonesia Masuk Dalam Indeks Scopus

0
631

(Vibizmedia – Economy & Business) – Kita patut berbangga atas pencapaian Jurnal ekonomi Bank Indonesia, Bulletin of Monetary Economics and Banking (BMEB), yang dikelola Institut Bank Indonesia resmi menjadi jurnal ekonomi terindeks Scopus sejak Juli 2019. Scopus adalah database jurnal-jurnal akademik terpilih dengan standar internasional yang tinggi karena direview secara berkala seperti Journal of Monetary Economics, Journal of Asian Economics, dan Journal of Economic Modelling.

Dengan terakreditasinya BMEB ke dalam Scopus mencerminkan bahwa publikasi riset BI telah berkelas dunia dan diharapkan mampu mendorong kegiatan riset di tanah air agar semakin maju. BMEB menjadi jurnal ekonomi terindeks Scopus pertama dari Indonesia, demikian dilansir dari Bank Indonesia.

Pencapaian ini merupakan wujud komitmen Gubernur BI, Dr. Perry Warjiyo, sebagai Editor-in-Chief BMEB, yang di awal 2018 berkomitmen untuk menjadikan BMEB sebagai jurnal terindeks scopus dalam target waktu 2 (dua) tahun. Sejak saat itu, transformasi pengelolaan jurnal secara modern dan terstandarisasi secara internasional dilakukan, termasuk dengan penunjukan Prof. Paresh K. Narayan dari Deakin University, Australia, sebagai Managing Editor.

Terakreditasinya BMEB ke dalam indeks Jurnal Scopus merupakan pencapaian yang membanggakan bagi Indonesia mengingat saat ini hanya terdapat sekitar 47 jurnal di Indonesia yang terindeks Scopus dan BMEB merupakan satu-satunya jurnal ekonomi di Indonesia yang terindeks Scopus. BMEB yang pertama kali terbit bulan Juli 1998 merupakan jurnal yang terbit off-line (cetak) maupun online secara triwulanan, empat kali dalam satu tahun.

 

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting

Editor : Asido Situmorang

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here