Drone untuk Kirim Hasil Pemilu dari Grand Canyon

0
505

(Vibizmedia – Internasional) Para pejabat di sebuah kabupaten di negara bagian Arizona berharap bisa menggunakan drone atau pesawat nirawak untuk memudahkan pengumpulan hasil pemilihan umum dari penduduk suku Indian yang tinggal jauh di dalam ngarai itu.

Tahun-tahun belakangan ini, mesin-mesin pemungutan suara di kawasan reservasi suku Havasupai mengirim hasilnya secara elektronik, tapi dengan adanya peralatan baru, para pejabat kabupaten Coconino terpaksa membuat perubahan.

Pencatat hasil pemilu Patty Hansen sedang bekerja dengan kantor polisi setempat dan pejabat suku Indian untuk mempelajari apakah sebuah drone kecil bisa menerbangkan memory stick, yang memuat data digital komputer, dari dasar ngarai ke pos utama jalan setapak yang terletak ratusan meter di atasnya.

Kemudian memory stick itu bisa dibawa dengan mobil ke kota Flagstaff untuk ditabulasi, tapi surat-surat suara yang asli masih harus dibawa dengan menggunakan keledai sejauh 13 km lewat jalan setapak atau diangkut dengan helikopter.

Menurut catatan terakhir, kurang dari 40 orang suku Indian Havasupai dari jumlah sekitar 650 orang yang memberikan suara dalam pemilihan umum pada 2016.

Sumber: ww.voaindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here