Datangi PLN Pusat, Presiden Dengar Langsung Penyebab Padamnya Listrik di Sebagian Jawa Kemarin

0
367

(Vibizmedia-Jakarta) Presiden Joko Widodo mendatangi Kantor Pusat Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, pada Senin (5/8), Presiden ingin mengetahui langsung penyebab padamnya listrik di sebagian Jawa kemarin dari Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani.

Kejadian listrik padam massal ini, terjadi di separuh Pulau Jawa meliputi Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Pemadaman listrik ini terjadi karena gangguan yang terjadi pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV, mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan dan diikuti trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa. 

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi mengatakan Pagi hari ini saya datang ke PLN mau mendengar langsung peristiwa pemadaman total minggu kemarin dan dalam sebuah manejemen besar PLN mestinya ada tata kelola risiko-risiko yang dihadapi dengan manajemen besar, tegasnya di kantor pusat PLN.

Ia pun heran kenapa PLN tidak bisa bergerak cepat. Padahal kejadian serupa pernah terjadi pada tahun 2002 lalu dan kali ini berulang menimbulkan kerugian banyak pihak. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here