Lensa Jakarta: Kerak Telur, Jajanan Kuliner Khas Kota Jakarta

0
477

(Vibizmedia – Jakarta) Mengunjungi Museum Fatahillah, ada lagi hal yang menarik di Kawasan Kota Tua, yaitu kerak telor yang merupakan jajanan kuliner khas kota Jakarta. Kerak telur kerap kali disebut sebagai omelet batavia. Bahan telurnya ada dua yaitu beras ketan dan telur bebek /ayam.

Bukan seperti biasa pada umumnya memasak telor, kerak telor memiliki keunikan tersendiri. Dimana telor dimasukkan ke dalam wajan tanpa menggunakan minyak, ketika telor setengah matang atau sudah agak kering maka wajan akan dibalik menghadap panas arang dari anglo lalu dibiarkan menjadi proses kerak. Setelah permukaan telor agak sedikit gosong, kerak telor diangkat dan diberi bumbu lalu siap dihidangkan.

Kerak telor sama sekali tidak menggunakan kompor, melainkan anglo dan arang. Dan memasak mengunaakan anglo ini digunakan untuk menjaga rasa khas dari kerak telor yang gurih dan legit. Harga untuk menikmati kerak telor sendiri memiliki kisaran Rp 15.000. – Rp 20. 000. Cara memasaknya yang sangat khas membuat lidah kita akan tergoda untuk mencoba jajanan khas Jakarta ini. Jika Anda berkunjung ke Museum Fatahillah, pastikan untuk Anda mencicipinya, rasakan keunikannya.

Ezra Judah/VM

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here