Jokowi Menghargai Peranan Aktif Lembaga Negara di Tingkat Dunia: Membangun Reputasi Bangsa

0
222
Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR RI 2019 (Foto: Rully Sinambela/ VM)

(Vibizmedia – Berita) – Dalam pidato di depan Sidang Tahunan MPR hari Jumat ini (16/08), Presiden Joko Widodo di antaranya mengingatkan kembali dan menekankan pentingnya kita berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

“Bahwa Indonesia, rumah besar kita bersama, hanya mungkin terwujud jika kita mau bersatu. Bersatu untuk mencapai satu tujuan, bersatu untuk maju bergerak di jalan perubahan, serta bersatu dengan penuh optimisme menatap masa depan. Semangat itulah yang mengantarkan Indonesia menjadi negara yang merdeka, negara yang berdaulat, yang berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” ujar Jokowi.

Check and balances antar lembaga negara sangat penting, tetapi harus berada dalam bingkai yang sama, satu visi besar Indonesia Maju. Indonesia yang nyaman bagi seluruh anak bangsa, yang sejahtera, yang adil dan makmur, yang dihormati dan disegani oleh bangsa- bangsa lain di dunia.”

Selanjutnya, Presiden dalam pidatonya yang relatif singkat, sekitar 20 menit, berkesempatan menunjukkan peran serta beberapa lembaga negara dalam kancah dunia, sebagai bagian upaya membangun reputasi bangsa di dunia internasional.

Di antaranya DPR yang pada bulan September 2018 menjadi tuan rumah Forum Parlemen Dunia tentang Pembangunan Berkelanjutan untuk yang kedua kalinya. Serta juga menjadi tuan rumah pertemuan pimpinan parlemen dan perwakilan dari lima negara middle power, yaitu Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia.

Lembaga Negara lainnya, BPK, disebutkan Jokowi telah dipercaya sebagai pemeriksa eksternal pada International Atomic Energy Agency sejak 2016 sampai 2021. Pemeriksa BPK juga terpilih menjadi eksternal independen pada International Anti- Corruption Academy periode 2019 hingga 2021. BPK juga menjadi United Nations Panel of External Auditors dan terlibat aktif di organisasi pemeriksa se-ASEAN, se-Asia, dan se-dunia.

Atas kinerja tersebut, Jokowi menyampaikan penghargaannya. “Saya menghargai upaya BPK untuk aktif membangun reputasi bangsa di dunia internasional.”

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here