Ketakutan Anjloknya Yield Treasury AS Menaikkan Harga Emas

0
832

(Vibizmedia-Commodity) – Harga emas yang sempat turun selama 2 hari berturut ditutup menguat signifikan pada pasar komoditas global hari Rabu (21/08). Kenaikan ini akan memberikan sentimen positif bagi perdagangan emas batangan dalam negeri yang selama ini turun terus.

Reboundnya harga emas spot dunia dipicu oleh anjloknya kembali imbal hasil AS (yiel treasury) di posisi terendah 3 tahun  karena meningkatnya ekspektasi untuk kebijakan moneter yang lebih longgar untuk mengatasi kekhawatiran perlambatan global. Sentimen ini membuat posisi dolar AS retreat dari bullish 5 hari berturut karena  pasar memburu aset safe haven.

Harga emas spot ditutup  naik 0,72% pada $1,506.26 per troy ounce, setelah sempat harga jatuh ke level terendah satu minggu dekat $1,492.10 pada hari Senin. Demikian juga dengan harga emas berjangka AS naik 0,35% menjadi $1.516,8.

Untuk harga emas batangan Antam awal pekan pada tanggal 20 Agustus 2019 terpantau melemah ke posisi harga Rp 749.000 per gram, yang turun sebanyak Rp8000 dari perdagangan sebelumnya di Rp 757.000. Emas batangan dalam negeri diperdagangkan oleh Antam.

Kekuatan harga emas juga didapat dari kondisi perdagangan bursa saham Amerika yang alami kerugian setelah 3 hari berturut bergerak sangat kuat. Anjloknya keuntungan bursa saham dipicu oleh penurunan imbal hasil obligasi AS kembali di kisaran terendah 3 tahun.

Penurunan imbal hasil obligasi pemerintah AS sangat menakutkan bagi investor khususnya dari Amerika Serikat sendiri, yang memberikan sinyal terjadinya resesi ekonomi global. Kepanikan pasar ini menguntungkan bagi emas yang diburu sebagai aset safe haven, menghindar dari perdagangan aset resiko.

Untuk arahan perdagangan emas selanjutnya, fokus pasar sedang tertuju pada rilis  risalah pertemuan Federal Reserve bulan Juli, dan juga pidato Jerome Powell di simposium di Jackson Hole akhir pekan ini. Investor menanti sinyal arah kebijakan selanjutnya untuk jalur penurunan suku bunga bank sentral Amerika tersebut.

Untuk perdagangan selanjutnya secara teknikal menurut analyst Vibiz Research Center,   harga emas LLG dapat retreat kembali  menuju  posisi support 1495.68 – 1490.24. Namun jika bergerak sebaliknya dapat mendaki kembali ke posisi resisten 1510.58 – 1515.42.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here