Bursa Saham Eropa dan Amerika Diuntungkan Berita Negoisasi Perang AS-China

0
391

(Vibizmedia – Index) – Bursa saham Amerika dan juga bursa Eropa pada perdagangan awal pekan berhasil bangkit dan cetak untung untuk memulihkan kerugian perdagangan akhir pekan lalu, didorong oleh sentimen menurunnya ketegangan perang dagang AS merespon pernyataan optimis dari Presiden AS dan pejabat pemerintahan China.

Presiden Trump mengatakan prospek untuk kesepakatan sekarang lebih baik daripada kapan pun sejak perundingan dimulai tahun lalu dan menambahkan bahwa dia tidak mencari tarif otomatis untuk Jepang saat ini. Trump juga mengatakan setelah pertemuan puncak G7 para pemimpin dunia di Biarritz, Prancis, bahwa ia percaya China tulus tentang keinginan untuk mencapai kesepakatan.

Wakil Perdana Menteri China Liu He, yang memimpin perundingan dengan Washington, mengatakan China bersedia menyelesaikan perselisihan melalui negosiasi  tenang  dan menentang segala peningkatan ketegangan perdagangan.

Pada penutupan bursa saham Amerika di Wall Street, indeks Dow Jones naik 201,93 poin atau 0,8 persen pada 25.830,83, indeks Nasdaq naik 70,78 poin atau 0,9 persen pada 7.822,55 dan indeks S&P 500 naik 21,37 poin atau 0,8 persen pada 2.868,48.

Demikian yang terjadi pada bursa Eropa semalam, pasar saham  ditutup di zona hijau dengan indeks DAX Jerman menguat 47 poin  atau 0,4% menjadi 11.658; indeks CAC 40 Perancis naik 24 poin atau 0,5% menjadi 5.351; dan FTSE Italia  naik 203 poin, atau 1% menjadi 20.677. Bursa saham Inggris ditutup oleh libur publik di London.

Sentimen positif tambahan bagi kekuatan bursa Eropa oleh meredanya ketegangan politik Italia setelah seorang anggota senat  Andrea Marcucci mengatakan  usaha membentuk pemerintahan koalisi antara Gerakan 5-Bintang (5-Star Movement) dengan  oposisi Partai Demokrat sedang  mendekati kesepakatan.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here