Pemerintah Berencana Bangun KEK di Kalimantan Timur

0
542
Menteri Pariwisata Arief Yahya. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia-Nasional) Dengan adanya pemindahan ibu kota ke Provinsi Kalimantan Timur, Kementerian Pariwisata berencana menghadirkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di provinsi tersebut.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, saat ini terdapat dua wilayah di Kalimantan Timur yang telah diusulkan dan segera dibentuk KEK Pariwisata.

Satu berada di Kabupaten Penajam Paser Utara yang berdekatan dengan lokasi calon ibu kota yang baru. Satu lagi di Kabapuaten Berau yang sudah memiliki atraksi destinasi kelas dunia, yakni Derawan, Kakaban, Maratua dan Sangalaki, terang Arief, pada Selasa (27/8).

Arief mengatakan atraksi wisata berbasis pada wisata bahari di Kabupaten Berau, baginya ada banyak pulau cantik dengan pasir putih, dan pemandangan bawah laut yang sudah terkenal sampai ke luar negeri.

Selain itu, Kementerian Pariwisata juga berusaha mendorong Kalimantan Selatan
untuk memiliki UNESCO Global Geopark (UGG) yakni taman bumi global di bawah jaringan UNESCO untuk bantuan promosi dan konservasi geologi.

Arief menambahkan status UGG terbilang penting agar di Kalimantan terdapat banyak destinasi wisata yang kuat, salah satunya adalah Pegunungan Meratus.

Dirinya memberi kesempatan sekaligus mengundang para pelaku industri pariwisata di Tanah Air untuk mengusulkan lokasi KEK Pariwisata di Kalimantan Timur.

Kita akan terus mengeksplorasi potensi-potensi yang bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata kelas dunia di Kalimantan, ungkap Arief.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here