Menteri PANRB: ASN Harus Siap Ditugaskan di Seluruh Wilayah Indonesia

0
381
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin. FOTO: VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia-Nasional) Menyusul rencana pemindahan ibu kota dari Provinsi DKI Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) harus siap ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia.

Syafruddin menegaskan sudah semestinya ASN menerima hal ini dengan positif. ASN sudah ada kontrak dengan negaranya. Di mana pun tempatnya akan siap. Sudah tertuang di undang-undang dan PP-nya, jelasnya dalam keterangan pers, pada Rabu (28/8).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajamen ASN mengatakan bahwa setiap ASN harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah. Untuk itu, Syafruddin sampaikan yang akan ikut berpindah nantinya adalah ASN yang berada di kementerian dan lembaga atau instansi pusat.

Menurutnya, ada pula sebagian yang menduduki masa pensiun saat perpindahan dilakukan. Tentu yang akan menduduki adalah ASN muda. Mereka yang handal, siap mental, berwawasan, memiliki kemampuan berpikir bagus, jelas Syafruddin.

Ia pun menambahkan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan rencana perpindahan ibu kota. Pemerintah telah melakukan pertimbangan yang matang dan kajian dari berbagai aspek sebelum memutuskan kebijakan ini. Baginya, perpindahan ibu kota merupakan niat baik untuk menjadikan bangsa Indonesia maju.

Tidak ada satu pun negara di dunia yang ketika membuat kebijakan akan menyusahkan masyarakatnya. Pasti manfaatnya akan besar bagi siapa pun, ungkap Syafruddin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here