AS-China Sepakat Negosiasi Dagang Awal Oktober; Pasar Global Sambut Gembira

0
567

(Vibizmedia – Economy & Business) Amerika Serikat dan China pada hari Kamis sepakat untuk mengadakan pembicaraan tingkat tinggi pada awal Oktober di Washington, investorpun menyambut gembira dengan harapan perang dagang mereda.

Pertemuan tersebut diatur melalui percakapan telepon antara Wakil Perdana Menteri China Liu He, Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin, kata kementerian perdagangan China dalam sebuah pernyataan.

Tetapi tidak ada indikasi bahwa putaran pertama dari tarif ini yaitu 15% bea atas barang-barang konsumsi China yang diberlakukan pada 1 September akan dibatalkan atau menghentikan kenaikan tarif 1 Oktober yang direncanakan atas barang senilai $ 250 miliar yang sudah dipungut sebesar 25%.

Kantor Perwakilan Dagang AS tidak menentukan waktu untuk pembicaraan tingkat menteri, hanya mengatakan bahwa ini akan berlangsung dalam beberapa minggu mendatang.

Sejak gagalnya pembicaraan pada Mei, Washington dan Beijing telah gagal mempersempit perbedaan mendalam mereka atas tuntutan AS untuk menghentikan praktik-praktik China tentang perlindungan kekayaan intelektual, transfer teknologi AS ke perusahaan-perusahaan China, mengekang subsidi industri dan meningkatkan akses ke China pasar.

Merespon berita tersebut, bura Wall Streetr reli kuat dengan indeks Nasdaq naik 1,75% dan indeks S&P 500 ditutup naik 1,3% lebih tinggi.

Bursa Saham Asia dan Eropa juga mencapai tertinggi satu bulan.

Juga yang membantu reli adalah data ekonomi AS yang positif, termasuk pertumbuhan penggajian sektor swasta dan percepatan aktivitas sektor layanan AS.

Pada hari Minggu, Washington mulai mengenakan tarif 15% pada sejumlah impor China, sebagian besar produk konsumen, sementara China mulai mengenakan bea pada minyak mentah AS. Pada hari Senin, China mengatakan telah mengajukan pengaduan terhadap Amerika Serikat di Organisasi Perdagangan Dunia.

Washington berencana untuk meningkatkan tarif menjadi 30% dari 25% pada impor China senilai $ 250 miliar mulai 1 Oktober.

Kementerian perdagangan China mengatakan tim perdagangannya akan berkonsultasi dengan mitra A.S-nya pada pertengahan September sebagai persiapan untuk negosiasi pada awal Oktober.

Juru bicara kementerian perdagangan China Gao Feng juga mengatakan Beijing menentang setiap peningkatan dalam perang perdagangan.

Sentimen perang dagang menjadi salah satu sentimen utama yang menggerakkan pasar global saat ini. Perkembangan apapun, ataupun komentar kedua pihak yang berselisih, terus menjadi perhatian investor dan menggerakkan pasar global.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here