Periode Kedua, Presiden Optimis SDM Unggul Bikin Indonesia Maju

0
186
Pidato Presiden Jokowi pada Sidang Paripurna MPR

(Vibizmedia – Nasional) Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan pertama pasca dilantik menjadi Presiden Indonesia Periode 2019-2024 di Gedung MPR, DPR, dan DPD RI, Minggu (20/10), menyatakan optimis, pada tahun 2045 Indonesia akan menjadi negara maju dengan pendapatan perkapita mencapai Rp300 juta per tahun

Hal ini akan dicapai dengan cara menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dalam berbagai bidang ekonomi.”Target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan kita capai,” ujar Presiden Joko Widodo.

SDM yang unggul, jelas Presiden Jokowi, adalah SDM yang mampu membuat SDM dalam negeri mempunyai tiga sikap yakni kerja keras, cepat dan produktif dalam melakukan setiap pekerjaan. SDM yang mempunyai kualitas seperti itulah yang saat ini dibutuhkan oleh para investor yang akan membuka perusahaan di dalam negeri.

“Saat ini semua hal banyak yang tidak pasti, maka diperlukan kerja keras, cepat, dan produktif dalam menangkal dampak negatif itu,” imbuhnya.

Presiden Joko Widodo yakin, dengan program pemerintah yang memprioritaskan persiapan SDM unggul akan mampu membuat pilar penopang yang kuat untuk menuju Indonesia Emas pada tahun 2045. Apalagi dengan adanya bonus demografi yang sedang dihadapi oleh pemerintah saat ini.

“Selama ini, belum tersedianya SDM unggul membuat Indonesia terjebak dalam pendapatan penghasilan menengah. Akibatnya, berdampak negatif pada berbagai sektor perekonomian dalam negeri,” kata dia.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here