Harga Emas Melemah, Investor Beralih Ke Aset Tinggi Resiko

0
268

(Vibizmedia – Commodity) – Harga emas melemah pada hari Senin karena tanda-tanda kemajuan menuju kesepakatan perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia dan data pekerjaan AS yang kuat mendorong selera risiko para investor, membebani logam mulia.

Emas spot turun 0,1% menjadi $ 1.511,42 per ounce pada 0519 GMT, sementara emas berjangka AS naik 0,2% pada $ 1.513,90 per ounce.

Amerika Serikat dan China pada hari Jumat mengatakan mereka membuat kemajuan dalam pembicaraan yang bertujuan meredakan perang dagang selama hampir 16 bulan yang telah merugikan ekonomi global, dan para pejabat AS mengatakan kesepakatan dapat ditandatangani bulan ini.

Pasar mengambil optimisme lebih lanjut dari data ekonomi pekan lalu yang meredakan kekhawatiran tentang perlambatan yang dipicu oleh perang perdagangan yang telah berlangsung lama antara dua ekonomi terbesar dunia.

Dalam penambahan terbaru, pertumbuhan pekerjaan AS melambat kurang dari yang diharapkan pada bulan Oktober, sementara mempekerjakan dalam dua bulan sebelumnya lebih kuat dari yang diperkirakan sebelumnya, data dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan.

Dolar telah mencoba untuk rally pada hari Jumat setelah payroll AS mengalahkan ekspektasi, bagaimanapun, itu dibatalkan oleh survei manufaktur yang membuatnya tampak berat.

Terhadap sekeranjang mata uang, dolar terjebak di 97,218 setelah menyentuh level terendah tiga bulan di 97,107 pada hari Jumat. Itu sekarang menargetkan palung Agustus 97.033.

Pekan lalu, The Fed memangkas suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini, tetapi mengisyaratkan tidak akan ada pengurangan lebih lanjut kecuali jika ekonomi mengambil giliran untuk menjadi lebih buruk.

Saham Asia naik ke level tertinggi 14-minggu pada hari Senin, karena meningkatnya optimisme atas pembicaraan perdagangan AS-Cina dan data pekerjaan AS yang optimis mendorong selera investor global untuk aset berisiko.

Spot gold dapat menguji resistance di $ 1.519 per ons, penembusan di atas yang dapat menyebabkan kenaikan ke $ 1.534.

Di Eropa, kepala baru Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde akan memberikan pidato pertamanya dalam peran di kemudian hari dan pasar berharap dia akan tetap pada naskah kebijakan mudah yang ditinggalkan oleh pendahulunya, Mario Draghi.

Di antara logam-logam lainnya, perak naik 0,1% menjadi $ 18,11 per ons, platinum naik 0,7% pada $ 952,71 per ons, sementara paladium naik 0,5% menjadi $ 1,814.21.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here