JPO (Jembatan Penyeberangan Orang) Gaul Ala Jakarta

0
310
JPO Gaul Ala Jakarta di area jalan Jendral Sudirman (Foto: Ezra Judah/ Vibizmedia)

(Vibizmedia – Jakarta) Jakarta semakin menunjukkan sisi gaulnya sebagai ibu kota Indonesia. Salah satunya adalah munculnya program – program revitalisasi jembatan penyebrangan orang (JPO), seperti  di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Nah bagi kamu yang suka hunting foto khususnya di Jakarta maka tak salah kalau kita mencoba JPO baru kita.

Mungkin mendengar JPO  kita merasa bukan tempat yang cocok atau  berfikir pastilah tempat itu tempat umum yang ramai dan padat, sehingga enggan untuk mengambil gambar disitu.

JPO Gaul Ala Jakarta (Foto: Ezra Judah/ Vibizmedia)

Tapi kali ini berbeda. Di Jakarta ada empat titik JPO yakni yakni Dukuh Atas, Polda Metro Jaya, Gelora Bung Karno (GBK), dan Bunderan Senayan yang disulap menjadi tempat yang sangat instagramable banget. Penulis pun mencoba menjajal tempat tersebut sambil hunting foto dan benar saja seharian berada di sana benar–benar di luar dugaan saya. Terlebih lagi JPO akan semakin terlihat tambah elok ketika menuju malam..JPO yang awal didominasi warna putih mulai bergradasi, mulai dari merah yang memudar jadi jingga lalu berganti lagi dengan ungu dan warna-warna lainnya.

Semakin gelap langit Jakarta cahaya lampu JPO semakin mencuri pandangan, dari kejauhan tempat penyeberangan itu terlihat seperti warna pelangi. Sesekali JPO tersebut terlihat solid saat dibalut cahaya merah dan putih.

Nuansa hijau, JPO Gaul Ala Jakarta (Foto: Ezra Judah/ Vibizmedia)

Dari segi design konstruksinya sendiri mengandung rasa seni dan estetika yang tinggi. Bagi penulis JPO ini tidak hanya sekedar memudahkan para pejalan kaki tapi juga sangat memanjakan, karena membuat para pejalan kaki juga merasa nyaman. Benar saja semakin malam maka JPO ini semakin ramai dan banyak sekali yang tak sekadar hanya jalan tapi juga mencoba mengambil gambar di JPO tersebut. Bahkan para pencinta fotografer juga turut meramaikan jembatan tersebut dengan mencoba mengambil gambar dari kamera mereka dari berbagai sisi.

Kevin, 22 mahasiswa Universitas Atmajaya dengan sibuk mencari angle yang tepat sambil mengutak – atik kameranya mencoba mengambil gambar JPO. Kata dia, JPO ini akan menjadi daya magnet bagi wisatawan. Kevin berpendapat JPO yang baru ini tak kalah dengan kota – kota yang terkenal.” Mirip – mirip ini mas kayak jembatan di Jepang ” ujarnya sambil tertawa. Bahkan dia berpendapat kalau semua JPO dibuat seperti ini  maka akan lahir budaya baru di kota Jakarta yang dimana orang akan berpindah dari transpotasi pribadi dengan orang akan memilih jalan kaki dan menggunakan moda transportasi umum .

Serunya melintasi JPO Gaul Ala Jakarta (Foto: Ezra Judah/ Vibizmedia)

Keindahan JPO juga diutarakan Nadya yang juga merupakan karyawan kantor yang tak jauh dengan JPO tersebut.Dengan sabar menunggu sepinya orang barulah ia mencoba mengambil gambar dengan teman–temannya. ”JPO instagramable banget sih dan designnya keren” ujar dia.

Bagi Nadya sendiri ia berharap agar dibuat JPO seperti ini ditempat–tempat lain dan selain itu ia ingin JPO yang keren ini agar terus tetap indah kedepannya dan setiap masyarakat pejalan kaki sama – sama turut menjaga JPO ini dengan baik.  “ Ya udah cakep gini ya dijagalah, jangan buang sampah sembarangan apalagi dirusak,“ imbuhnya dengan serius.

Yuk, kalau mau coba…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here