Resiko Iklim Penting Untuk Dihitung Dalam Perlindungan Bisnis

0
157

(Vibizmedia – Index) – Setelah dua tahun kebakaran hebat yang menghancurkan di California, Wall Street menggabungkan metrik risiko baru ketika mengevaluasi perusahaan: ketahanan iklim.

Investor, analis, firma riset, dan perusahaan lebih menekankan bagaimana masalah iklim mulai dari kenaikan permukaan laut hingga gelombang panas akan memengaruhi laba dan pendapatan di Amerika Serikat dan apa yang dilakukan perusahaan untuk mengatasi risiko tersebut.

Perusahaan-perusahaan yang berlokasi di daerah-daerah seperti California, Florida dan Louisiana yang menempatkan mereka pada risiko lebih tinggi terkena dampak pola cuaca yang lebih parah semakin ditanyai bagaimana mereka akan melindungi bisnis mereka dari perubahan iklim.

Secara keseluruhan, lebih dari 70 perusahaan telah membahas dampak potensial dari perubahan iklim pada bisnis mereka pada hasil kuartalan mereka sejak awal tahun, lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu atau tahun lainnya sejak 2014, menurut analisis Reuters dari Refinitiv data.

Akibatnya, para Fund Manager, yang biasanya tidak memasukkan atribut lingkungan dalam analisis mereka terhadap suatu perusahaan, melihat lebih dekat apakah lokasi fisik dari aset dan properti mereka akan menempatkan mereka pada risiko yang lebih tinggi terkena dampak perubahan iklim.

“Tanpa mengharapkan perusahaan untuk secara signifikan mengubah strateginya, kami semakin sering melakukan percakapan dengan tim manajemen untuk bertanya kepada mereka tentang rencana ketahanan iklim mereka,” kata Arthur Hurley, manajer portofolio senior pada Dana Real Estat Columbia.

Apa yang disebut dana ESG, yang berfokus pada atribut lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan, telah berada di garis depan dengan fokus pada risiko fisik perubahan iklim.

Tetapi sekarang fund manager seperti Hurley mendapati bahwa perusahaan-perusahaan dalam portofolio mereka seperti Equity Lifestyle Properties Inc (ELS.N), mengungkapkan kepada analis tentang panggilan pendapatan mereka bahwa mereka sedang mengevaluasi potensi kenaikan level air ketika membeli marina baru. Saham perusahaan naik 43% untuk tahun ini.

Hurley mengatakan bahwa dia secara aktif masuk ke perusahaan, seperti Equity Lifestyle dan Boston Properties Inc (BXP.N), yang secara preemptive menangani potensi dampak iklim, apakah dengan lebih fokus pada peningkatan potensi pengembangan atau menggabungkan elemen desain konstruksi seperti menempatkan peralatan penting di atas lantai dasar.

Para Fund Manager mengatakan bahwa kebangkrutan perusahaan listrik yang berbasis di San Francisco Pacific Gas & Electric Co (PCG_pa.A) (PCG.N) pada Januari mendorong mereka untuk lebih menekankan pada risiko iklim.

Kebakaran hutan yang meletus pada 23 Oktober dapat merusak rencana utilitas terbesar di California senilai $ 14 miliar untuk membiayai perputarannya setelah mengajukan pada Januari untuk perlindungan terhadap kebangkrutan Bab 11 mengantisipasi kewajibannya dari kebakaran hutan besar-besaran pada tahun 2017 dan 2018 dapat mencapai $ 30 miliar.

Pada saat yang sama, ada 10 peristiwa cuaca dan bencana iklim yang telah menyebabkan kerusakan lebih dari $ 1 miliar sejak awal tahun, sudah hampir dua kali lipat rata-rata 6,3 peristiwa untuk setiap tahun penuh antara 1980 dan 2018, menurut Pusat Nasional untuk Informasi Lingkungan.

Klaim asuransi untuk apa yang sebelumnya dianggap sebagai bahaya sekunder – seperti kebakaran hutan dan hujan es – telah menyumbang $ 13 miliar dari $ 15 miliar dalam klaim bencana alam hingga Agustus, menurut Swiss Re.

Peningkatan kebakaran hutan telah mendorong penjamin emisi, seperti Hiscox Ltd (HSX.L) untuk menggabungkan model risiko baru dan berhenti mengasuransikan beberapa klien di area berisiko tinggi seperti California.

Secara keseluruhan, 10% dari perusahaan asuransi menolak untuk memperbarui kebijakan di daerah rawan kebakaran di California pada tahun 2018, menurut Departemen Asuransi California.

Perusahaan-perusahaan riset termasuk divisi Trucost S&P Global meluncurkan lebih banyak analisis risiko iklim yang dimaksudkan untuk membantu investor menilai risiko iklim spesifik yang dihadapi setiap perusahaan.

Perusahaan Trucost S&P Global akan menerbitkan laporan dalam beberapa minggu ke depan yang akan fokus pada perusahaan yang menghadapi risiko fisik tertinggi dari perubahan iklim.

Pada bulan Maret, perusahaan rintisan Silicon Valley, Jupiter Inc mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan putaran pendanaan Seri B senilai $ 23 juta untuk memperluas layanan analitiknya yang dapat memberi para investor dan perusahaan dengan rincian pola cuaca jangka pendek dan jangka panjang untuk lokasi tertentu.

“Ini adalah sesuatu yang tidak akan segera hilang,” kata Gregory Peters, direktur pelaksana, multi-sektor dan kepala strategi di PGIM Fixed Income.

Akibatnya, ia telah memangkas posisinya di beberapa utilitas California, sementara analis di tim real estatnya semakin berfokus pada risiko iklim.

“Risiko yang melekat pada utilitas adalah semacam hal baru yang belum tentu kita renungkan beberapa tahun yang lalu.”

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here