Kinerja Emiten Dan Optimisme Perang Dagang AS-China Angkat Bursa Eropa, Naik Tertinggi Empat Tahun

0
101

(Vibizmedia – Index) – Saham Eropa naik untuk sesi kelima berturut-turut pada hari Kamis dan mencapai tertinggi dalam empat tahun karena investor menyambut tanda-tanda kemajuan dalam pembicaraan perdagangan AS-China dan sebagian besar laporan pendapatan positif dari sejumlah perusahaan.

Saham Siemens (SIEGn.DE) mencapai level tertinggi dalam lebih dari setahun setelah perusahaan industri Jerman mengalahkan ekspektasi laba kuartal keempat, sementara Lufthansa (LHAG.DE) melonjak 6,5% pada rencana untuk memangkas biaya di beberapa unitnya untuk menghidupkan kembali keuntungan.

Saham maskapai penerbangan Jerman ini meningkatkan indeks perjalanan dan liburan yang lebih luas .SXTP sebesar 1,4%, menjadikannya salah satu yang memperoleh keuntungan tertinggi di antara sub-sektor utama Eropa.

China dan Amerika Serikat sepakat untuk membatalkan secara bertahap tarif yang dikenakan selama perang dagang mereka yang berkepanjangan, kata kementerian perdagangan China.

Berita itu memicu reli berbasis luas di Eropa pada hari Kamis, dengan saham Frankfurt yang sensitif terhadap perdagangan .GDAXI naik 0,7% ke level tertinggi sejak Februari 2018.

Ini juga membantu investor menghindari titik data lemah lainnya dari Jerman yang menunjukkan output industri turun lebih dari yang diharapkan pada bulan September.

Semua mata sekarang akan tertuju pada pertemuan Bank of England yang akan berlangsung dalam beberapa hari ini, di mana bank sentral diperkirakan akan mempertahankan suku bunga stabil menjelang pemilihan cepat di Inggris pada 12 Desember untuk memutuskan nasib Brexit.

Indeks midcap FTSE .FTMC dan saham Irlandia .ISEQ masing-masing naik 0,76% dan 1,22%.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,4%. Sekarang 2% jauh dari rekor tertinggi, hit terakhir pada April 2015.

Di antara para gainer top di seluruh sub-sektor Eropa adalah pembuat mobil .SXAP dan penambang .SXPP, sementara permainan defensif seperti telekomunikasi .SXKP dan utilitas .SX6P turun, menunjukkan selera risiko yang lebih tinggi.

Bank UniCredit terbesar Italia (CRDI.MI) naik 4,7% setelah membukukan kenaikan 26% dalam laba bersih yang disesuaikan pada kuartal ketiga, sementara produsen baja terbesar di dunia, ArcelorMittal (MT.AS), melonjak 7,2% pada hasil yang lebih baik dari perkiraan .

Saham pembuat turbin angin Vestas (VWS.CO) melonjak 9,7% ke atas STOXX 600 setelah melaporkan laba operasi triwulan yang mengalahkan perkiraan.

Tetapi Commerzbank AG (CBKG.DE) turun 2,5% setelah bank Jerman memperingatkan bahwa laba 2019 akan datang lebih rendah dari tahun lalu.

Media penyiaran Jerman ProSiebenSat.1 Media (PSMGn.DE) jatuh 7,8% setelah laba inti kuartal ketiga turun 35% karena penurunan pada bisnis periklanan inti televisi yang dipercepat.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here