Sektor Pertambangan Menyeret Stoxx Pan Eropa 0.4% Lebih Rendah

0
303

(Vibizmedia – Index) – Saham Eropa bergerak lebih rendah pada hari Jumat, menghentikan reli selama seminggu setelah sinyal beragam pada perdagangan AS-China membuat investor tidak yakin apakah kedua belah pihak benar-benar semakin dekat untuk menandatangani kesepakatan.

Sektor pertambangan .SXPP, di antara yang paling terkena dampak konflik perdagangan dan implikasinya terhadap pertumbuhan global, turun 1,6% dan berada di jalur untuk hari terburuk mereka dalam sebulan, menarik indeks STOXX 600 pan-Eropa 0,4% lebih rendah.

Beberapa minggu bullish untuk pasar saham utama dunia, didukung oleh musim pendapatan yang terbukti kurang lemah dari yang diharapkan, masih memiliki indeks untuk mencatat kenaikan mingguan kelima beruntun.

Tetapi keraguan atas prospek yang lebih luas untuk pertumbuhan global dan kesediaan Presiden Donald Trump untuk berdamai dengan Beijing atas perdagangan terus membebani.

Bermain defensif termasuk untuk saham-saham telekomunikasi .SXKP dan utilitas .SX6P naik, menunjukkan selera untuk risiko tetap diredam.

Pasar ekuitas global telah bersorak terhadap berita pada hari Kamis bahwa Amerika Serikat dan China telah sepakat untuk menurunkan tarif barang satu sama lain dalam kesepakatan perdagangan “fase satu”.

Namun, harapan itu berkurang, setelah Reuters melaporkan bahwa rencana tersebut menghadapi oposisi internal di Gedung Putih.

Data terbaru menunjukkan ekspor dan impor China berkontraksi kurang dari yang diharapkan pada bulan Oktober, sementara ekspor Jerman naik lebih dari yang diharapkan pada bulan September.

Saham-saham Bank .SX7P, bagaimanapun, turun 1,2%, terpukul oleh penurunan beberapa pemberi pinjaman terbesar di Prancis. Saham Credit Agricole (CAGR.PA) turun 4% karena angka kuartalan di pusat-pusat perusahaan dan cabang-cabang ritel berada di bawah ekspektasi analis.

Saham Natixis (CNAT.PA) turun 5,4% setelah memangkas anggarannya untuk akuisisi potensial dan untuk sementara fokus pada penguatan bisnis yang ada.

Richemont (CFR.S) tergelincir 4,5% setelah kelompok barang mewah mengatakan protes politik di Hong Kong membebani pertumbuhan penjualan dalam enam bulan hingga 30 September.

Dalam satu titik cerah, telekomunikasi Italia (TIM) (TLIT.MI) naik 3,7% setelah perusahaan mengatakan telah membuat kemajuan dalam memotong beban utangnya karena terus maju dengan rencana untuk menemukan mitra investasi untuk membantunya mendanai ikatan potensial. dengan saingannya yang lebih kecil, Open Fiber.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here