Gejolak Politik Anjlokkan Hang Seng 2.25% Siang Ini

0
180

(Vibizmedia – Index) – Pasar Asia Pasifik mengalami kerugian pada Senin sore, karena saham di Hong Kong jatuh seiring meningkatnya ketegangan di kota.

Pasar daratan Tiongkok jatuh: Komposit Shanghai turun 1,22% dan komposit Shenzhen turun 1,61%. Indeks komponen Shenzhen turun 1,56%.

Di Hong Kong, indeks Hang Seng berada jauh di wilayah negatif, menurun 2,25% karena gejolak politik di kota yang semakin memburuk. Setidaknya dua pengunjuk rasa dikatakan terluka ketika polisi setempat melepaskan tembakan pada hari Senin atas massa demonstran. Selama akhir pekan, tiga anggota parlemen pro-demokrasi ditangkap.

Sektor-sektor di indeks Hang Seng anjlok, termasuk pengembang properti, teknologi, keuangan, dan juga saham game.

Nikkei 225 Jepang membalikkan kenaikan awal menjadi diperdagangkan turun 0,21% sementara indeks Topix bergerak datar.

Kospi Korea Selatan turun 0,46% karena pembuat chip utama SK Hynix turun 1,70%.

Di Australia, patokan ASX 200 menentang tren penurunan umum di wilayah ini dan naik 0,57%.

Indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,91%.

Di sisi laporan pendapatan, DBS Bank Singapura melaporkan kenaikan laba bersih kuartal ketiga yang lebih kuat dari perkiraan, yang melonjak 15% YoY menjadi 1,63 miliar dolar Singapura (1,19 miliar dolar AS). Penghasilan bunga bersih kuartal ketiga naik 8% menjadi $ 2,46 miliar dolar Singapura.Namun Saham DBS di Singapura turun 0,15%.

Kamis lalu, optimisme perdagangan naik setelah Kementerian Perdagangan China mengatakan bahwa Beijing telah sepakat dengan Washington untuk menaikkan tarif perdagangan yang ada di antara kedua negara secara bertahap.

Harapan untuk mengurangi pertarungan perdagangan itu, yang telah menghambat prospek pertumbuhan global dan menciptakan ketidakpastian bagi bisnis, berkurang ketika Presiden A.S. Donald Trump mengatakan pada hari Jumat bahwa ia belum setuju untuk membatalkan tarif barang-barang China.

Kedua belah pihak bekerja untuk menandatangani apa yang telah Gedung Putih gambarkan sebagai kesepakatan perdagangan “fase satu”.

“Ketegangan perdagangan AS-Cina akan terus mendorong mata uang minggu ini,” tulis ahli strategi mata uang di Commonwealth Bank of Australia dalam catatan pagi. Mereka mengatakan dolar bisa “sedikit lebih tinggi minggu ini,” didorong oleh perkembangan perdagangan dan berpotensi mengurangi harapan untuk penurunan suku bunga lebih lanjut dari Federal Reserve A.S.

Dolar diperdagangkan pada 98,336 pada Senin pagi, datar terhadap sekeranjang rekan-rekannya.

Di tempat lain, yen Jepang berpindah tangan pada 109,02 per dolar, menguat dari level terendah sebelumnya di 109,25. Dolar Australia diperdagangkan pada $ 0,6852, turun dari sekitar $ 0,6900 dari minggu sebelumnya.

Harga minyak turun Senin pagi selama jam perdagangan Asia. Minyak mentah berjangka AS turun 0,86% menjadi $ 56,75 per barel sementara patokan global Brent turun 0,9% menjadi $ 61,95.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here