Jokowi Dari Rakyat Untuk Rakyat

0
179
Presiden Joko Widodo menyambangi Kampung Deret, Johar Baru, Jakarta Pusat dalam rangka memberikan pidato di hadapan warga usai KPU mengumumkan perolehan suara pemilihan presiden dan legislatif dalam Pemilu 2019. FOTO: VIBIZMEDIA.COM/MARULI

Kemarin saya menyaksikan pameran foto oleh beberapa jurnalis foto yang diadakan 10-17 November di Mall Neo Soho Central Park Jakarta Barat. Pameran yang bertajuk Membangun Indonesia ini menampilkan sejumlah jepretan selama Presiden Jokowi pemimpin era 2014-2019. Saya menyaksikan bahwa Presiden memang berasal dari rakyat dan hidup tetap merakyat.

Dok: Pameran Membangun Indonesia

Presiden Jokowi berswafoto bersama buruh saat meninjau pabrik Mayora di Tangerang, Banten, 18 Februari 2019. Foto karya Rengga Sencaya- detik.com ini menggambarkan sikap merakyat Jokowi yang tanpa canggung berswafoto dengan bagian masyarakat kecil, tentu hal ini merupakan kekuatan bagi rakyat ketika pemimpinnya berada dekat bersama mereka.

Dok: Pameran Membangun Indonesia

Masih ingat seorang santri yang pernah menyebutkan nama Megawati sebagai salah seorang menteri di kabinet Jokowi dalam dialog dengan presiden? Anis Efizudin dari Antara Foto mengabadikannya di Magelang, Jawa Tengah, 4 Mei 2016. Menggambarkan kedekatan presiden dengan para santri dan keinginan untuk membawa mereka maju.

Dok: Pameran Membangun Indonesia

Seto Wardhana dari Jakarta Post mengabadikan Joko Widodo saat dipotong rambutnya oleh kang Herman di acara potong rambut massal di area wisata Situ Bagendit, Garut, Jawa Barat, 19 Januari 2019. Mungkin kalau bukan orang Indonesia tidak menyangka bahwa yang sedang potong rambut itu adalah seorang presiden. “Jokowi memang anti thesis” demikian penuturan Yenny Wahid saat membicarakan Jokowi di depan publik. Yenny kemudian menerangkan maksudnya bahwa Jokowi berasal dari rakyat biasa, dan tidak memiliki garis keturunan seorang bangsawan namun menjadi pemimpin negri. Foto ini menggambarkannya, sang rakyat jelata sedang potong rambut.

Dok: Pameran Membangun Indonesia

Papua rupanya sangat lekat dihati Presiden Jokowi, Puspa Perwitasari-Antara Foto menggambarkannya. Foto Puspa memperlihatkan Presiden Jokowi menggendong dua anak suku Asmat meninjau pemberian gizi dan makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil di Distrik Agats, Kabupaten Asmat Papua, 12 April 2018.

Dok: Pameran Membangun Indonesia

Tidak hanya anak Papua, Jokowi dekat juga dengat kaum difabel Saat melepaskan anak panah membuka Asian Para Games, Akbar Nugroho Gumay – Antara Foto menggambarkan Jokowi bersanding dengan seorang gadis difabel Bulan Kurnia (11). Pada acara itu Bulan menyebut Jokowi, mendengar namanya disebut Bulan, Jokowi meninggalkan panggung kehormatan dan menghampiri gadis berkursi roda itu. Jokowi menerima dari Bulan sebuah kotak, dan saat dibuka muncul tulisan ABILITY berwarna emas. Jokowi kemudian mengambil busur dan panah dan mengarahkan anak panah ke layar raksasa memunculkan tulisan DISABILITY. Tiga huruf awal “DIS” kemudian runtuh dan menyisakan ABILITY.

Presiden Jokowi terpilih kembali untuk periode 2019 hingga 2024, bersama Kiai Ma’ruf ia pernah menyatakan mewakafkan dirinya untuk rakyat dan tanpa beban memperjuangkan rakyat, lima tahun mendatang sang rakyat akan bekerja, mengabdi untuk rakyat, kita dukung bersama mencapai Indonesia maju yang kita cita-citakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here