Indeks Stoxx600 Eropa Terus Bergerak Turun Dipimpin Sektor Perbankan

0
156

(Vibizmedia – Index) – Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada hari Rabu di tengah kekhawatiran atas pembicaraan perdagangan AS-China dan meningkatnya keresahan di Hong Kong, sementara investor menunggu komentar dari Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell.

Pan-European Stoxx 600 turun 0,7% selama perdagangan pagi, dengan saham bank jatuh 2,1% untuk memimpin kerugian sementara sektor makanan dan minuman melawan tren untuk naik 0,7%.

Presiden A.S. Donald Trump pada hari Selasa mengklaim bahwa fase awal dari kesepakatan perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia akan diselesaikan “segera” tetapi tidak menawarkan rincian baru saat memberi tanda “curang” kepada China.

Powell akan membahas keadaan ekonomi Amerika di Kongres pada awal dua hari dengar pendapat setelah pemangkasan suku bunga ketiga Fed tahun ini.

Indeks Hang Seng Hong Kong memimpin penurunan semalam di Asia, turun 1,76% setelah keributan politik terus melumpuhkan kota ini menyusul eskalasi kekerasan awal pekan ini.

Kembali ke Eropa, data ECB menunjukkan bahwa bank-bank di Italia dan ekonomi zona euro perifer lainnya memanfaatkan tingkat bonus bank sentral untuk merebut puluhan miliar euro dari rival Eropa utara di Jerman dan Belanda, Reuters melaporkan pada hari Selasa.

Data resmi yang diterbitkan pada hari Rabu menunjukkan bahwa inflasi Inggris turun ke level terendah dalam hampir tiga tahun pada Oktober, dengan harga konsumen naik pada tingkat tahunan 1,5%, turun dari 1,7% pada bulan September dan lebih rendah dari perkiraan 1,6% dalam jajak pendapat Reuters.

Perkiraan resmi juga menunjukkan bahwa produksi industri zona euro melampaui harapan untuk meningkat untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan September, naik 0,1% karena output dari Perancis dan Belanda mengimbangi penurunan di Jerman dan Italia.

Penghasilan perusahaan akan terus mempengaruhi harga saham individu, dengan bank Belanda ABN Amro melaporkan penurunan 24% dalam laba bersih kuartal ketiga sebelum bel, memimpin saham 5,3% lebih rendah.

Saham bank di seluruh Eropa menderita di awal sesi perdagangan, dengan Commerzbank jatuh 4,8%, Bankia menumpahkan 4,3% dan Deutsche Bank meluncur 3,2%.

Dan Scott, wakil CIO dari Vontobel, mengatakan kepada “Street Signs” CNBC bahwa kesengsaraan saham perbankan kemungkinan besar terkait dengan tingkat negatif menjelang kesaksian Powell.

Sementara itu, pemasok teknologi medis Denmark Ambu melonjak 22% setelah ketua Jens Bager mengundurkan diri dan perusahaan mengusulkan Lars Rasmussen sebagai ketua barunya.

Ada beberapa kerugian besar selama sesi pagi, dengan saham perusahaan investasi Swedia Kinnevik anjlok 20% sementara Tullow Oil juga jatuh lebih dari 20% setelah memotong pedoman produksi minyak 2019.

Operator satelit SES melihat sahamnya jatuh 12,5% di tengah ketidakpastian di sekitar lelang yang menunggu spektrum C-band-nya, yang menyebabkan J.P. Morgan menurunkan peringkat saham menjadi “netral” dari “kelebihan berat” pada Rabu pagi.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here