Pan European Stoxx600 Naik Tipis Dipimpin Sektor Otomotif, PDB Jerman Lemah

0
276

(Vibizmedia – Index) – Saham Eropa diperdagangkan sedikit lebih rendah pada Kamis pagi karena negosiasi perdagangan antara AS dan China dipahami telah menghadang kemajuan.

Pan-European Stoxx 600 naik tipis 0,15% di bawah garis datar, dengan autos tergelincir 1,5% untuk memimpin kerugian sementara makanan dan minuman bertambah 0,4 persen.

Hanya satu bulan setelah menyetujui secara prinsip tentang apa yang disebut fase satu dari perjanjian perdagangan, dua ekonomi terbesar dunia telah mencapai jalan buntu dalam negosiasi.

Indeks saham utama di Asia bergerak beragam selama perdagangan Kamis sore karena data produksi industri China meleset dari ekspektasi.

Di Amerika Serikat, fokus beralih ke penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Donald Trump, dengan audiensi televisi pertama yang menghubungkan pemimpin AS secara langsung dengan upaya untuk menekan Ukraina agar mengumumkan penyelidikan terhadap saingan politik domestiknya.

Kembali di Eropa, PDB Jerman (produk domestik bruto) tumbuh sebesar 0,1% pada kuartal ketiga, melebihi -0,1% kontraksi yang diharapkan dan secara sempit menghindari resesi teknis. Pertumbuhan PDB kuartal kedua direvisi turun dari -0,1% menjadi minus 0,2 persen

Sementara itu sebuah jajak pendapat oleh Savanta ComRes pada hari Rabu menunjukkan bahwa partai Konservatif yang berkuasa, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menetapkan 10 poin keunggulan atas partai oposisi utama yaitu Partai Buruh menjelang pemilihan 12 Desember di Inggris, setelah Partai Brexit menurunkan kandidat di kursi Konservatif .

Saham Daimler turun lebih dari 3% untuk memimpin sektor otomotif menjadi merah setelah pembuat mobil Jerman mengumumkan program pemotongan biaya yang katanya akan “berdampak negatif” terhadap pendapatan pada tahun 2020 dan 2021.

Penyedia tiket CTS Eventim turun 7,2% setelah KPS Stiftung mengumumkan penjualan 4,2 juta saham milik perusahaan.

Penghasilan tetap menjadi fokus, karena perusahaan ekuitas swasta Inggris 3i melihat sahamnya jatuh 7,4% setelah melaporkan hasil semester pertama.

Saham Qiagen yang terdaftar di Jerman melonjak 13% pada awal perdagangan setelah Bloomberg melaporkan bahwa Thermo Fisher sedang mempertimbangkan tawaran untuk perusahaan diagnostik, sementara merek fesyen Inggris Burberry naik 8,5% setelah melaporkan laba semester pertama yang kuat meskipun ada kerusuhan di Hong Kong.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here