Presiden Serahkan DIPA Ke K/L dan Dana Desa Tahun 2020 Ke Kepala Daerah

0
201
Presiden Joko Widodo menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020 secara simbolis kepada 10 Gubernur di Istana Negara. FOTO: MARULI SINAMBELA

(Vibizmedia-Jakarta) Presiden Joko Widodo menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2020 kepada seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Ia meminta seluruh menteri dan pejabat negara baik pusat dan daerah untuk membelanjakan anggarannya masing-masing dengan cepat.

Belanja secepat-cepatnya. Saya harapkan jangan sampai yang kemarin saya sampaikan, November masih ada Rp 31 triliun dalam proses e-tendering, ini konstruksi. Oleh sebab itu, mulailah sejak Januari tahun depan ini. Penggunaan belanja APBN itu, ungkap Presiden di Istana Negara, Kamis (14/11).

Sebelumnya, pada kesempatan yang sama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan DIPA merupakan dokumen APBN yang menjadi acuan menteri, kepala lembaga, dan pemerintah daerah untuk mewujudkan visi-misi presiden, yaitu Indonesia Maju, terangnya di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/11).

Selain itu, DIPA juga diperlukan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk melakukan belanja dan menjadi acuan resmi untuk melakukan pengeluaran uang negara.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden secara simbolis menyerahkan DIPA kepada 12 kementerian dan lembaga, juga menyerahkan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2020 ke pemerintah daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here