Index Stoxx 600 Pan Eropa Naik, Dekati Rekor Terakhir

0
135

(Vibizmedia – IDX Stocks) – Saham Eropa mendekati level rekor pada hari Senin, karena optimisme di sekitar pembicaraan perdagangan AS-China dan langkah mengejutkan oleh bank sentral China dalam memotong suku bunga utama yang melukiskan gambaran optimis tentang pertumbuhan global.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,17% pada 08:14 GMT, memperpanjang kenaikan setelah kemenangan beruntun enam minggu. Indeks ini hanya 8 poin dari tertinggi sepanjang masa dari 415,18 poin yang dicapai pada pertengahan April.

Media pemerintah China Xinhua melaporkan pada akhir pekan bahwa Beijing dan Washington melakukan “pembicaraan konstruktif” tentang perdagangan melalui panggilan telepon tingkat tinggi pada hari Sabtu.

Juga yang menambah sentimen positif adalah berita bahwa bank sentral China secara tak terduga memangkas suku bunga yang diawasi ketat untuk pertama kalinya dalam lebih dari empat tahun pada hari Senin, sebuah sinyal bahwa pembuat kebijakan siap untuk bertindak untuk menopang perlambatan pertumbuhan.

Di antara berita per saham, harga saham perusahaan pengujian genetik Qiagen NV melesat 13,2% ke puncak STOXX 600 setelah perusahaan mengatakan telah mulai meninjau opsi didalam rencana penjualan sahamnya.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here