Kinerja Emiten Dukung Pasar Eropa Ditengah Keraguan Atas Pemberlakuan Tarif Atas Pembuat Mobil

0
179

(Vibizmedia – Index) – Kinerja saham-saham utama menopang pasar Eropa pada hari Senin, meskipun keraguan apakah AS akan memberlakukan tarif pada pembuat mobil UE membebani saham.

Indeks patokan Eropa STOXX naik hanya 0,1%, karena limpahan dari perdagangan optimis di jam Asia berkurang. Saham sensitif perdagangan di Jerman dan Prancis masing-masing turun 0,1% dan 0,2 persen. Sub-indeks industri otomotif turun 0,8%.

Laporan pekan lalu bahwa Presiden AS Donald Trump akan menunda keputusan mengenai tarif otomatis UE untuk 180 hari lagi, bersama dengan hasil perusahaan yang lebih baik dari perkiraan dan optimisme tentang pembicaraan perdagangan AS dengan China telah mengirim saham Eropa kembali mendekati puncak 4 tahun .

Saham Eropa dimulai dengan catatan positif pada hari Senin setelah media pemerintah China Xinhua melaporkan pada akhir pekan bahwa Beijing dan Washington melakukan “pembicaraan konstruktif” tentang perdagangan melalui panggilan telepon tingkat tinggi pada hari Sabtu.

Bank sentral China juga secara tak terduga memangkas suku bunga pinjaman yang diawasi ketat untuk pertama kalinya dalam lebih dari empat tahun pada hari Senin, sebuah sinyal bahwa pembuat kebijakan siap bertindak untuk menopang pertumbuhan yang melambat.

Pemenang teratas pada STOXX 600 adalah BME bursa Spanyol, yang melonjak 36,6% ke level tertinggi empat tahun setelah operator pasar saham pan-Eropa Euronext dan SIX Swiss memasuki perang penawaran untuk menjadi operator.

Indeks jasa keuangan Eropa melonjak 0,8%, tetapi sektor real estat dan kesehatan yang defensif – dianggap sebagai taruhan yang lebih aman pada saat ketidakpastian ekonomi – memimpin kenaikan di antara subsektor utama Eropa.

Di antara penggerak individu lainnya, saham yang terdaftar di Frankfurt perusahaan pengujian genetik Qiagen NV melonjak 12,1% setelah perusahaan mengatakan telah mulai meninjau opsi dalm transaksi penjualan sahamnya.

London FTSE 100 yang terpapar secara internasional terluka oleh pound yang lebih kuat setelah jajak pendapat menunjukkan Konservatif Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memiliki 14 poin memimpin Partai Buruh oposisi menjelang pemilihan 12 Desember.

Perusahaan asuransi jiwa dan umum Inggris Aviva Plc adalah dekliner teratas pada STOXX 600 setelah perusahaan mengatakan sedang mencari opsi strategis untuk operasinya di Vietnam, Indonesia dan Hong Kong.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here