Pasar Negara Berkembang Naik Didorong Optimisme Trade War Dan Kebijakan Bank Sentral China

0
179

(Vibizmedia – Index) – Pasar negara berkembang naik pada hari Senin karena China mengisyaratkan negara itu siap bertindak lebih lanjut untuk menopang ekonomi yang melambat, sementara harapan pakta perdagangan China-AS terus mempertahankan perdagangan di sebagian besar mata uang dunia berkembang dalam kisaran yang sempit.

Indeks saham pasar negara berkembang naik 0,5%, dipimpin oleh saham di China daratan karena bank sentral negara itu secara tak terduga memangkas suku bunga pinjaman yang diawasi ketat untuk pertama kalinya dalam lebih dari empat tahun.

Media pemerintah China mengatakan pada akhir pekan bahwa Washington dan Beijing melakukan pembicaraan perdagangan “konstruktif” mengenai panggilan telepon tingkat tinggi, menambah optimisme mulai Jumat bahwa kedua pihak membuat kemajuan untuk mengakhiri pertikaian yang telah menghantam manufaktur global.

Kegelisahan tentang perselisihan perdagangan, perlambatan pertumbuhan ekonomi dan protes anti-pemerintah yang berkepanjangan di Hong Kong telah mengguncang pasar negara berkembang selama beberapa minggu terakhir, dengan sekeranjang mata uang dunia berkembang di jalur untuk mengakhiri flat bulan setelah naik selama dua bulan berturut-turut .

Investor sekarang mencari bank sentral utama untuk petunjuk lebih lanjut tentang kebijakan moneter. Risalah pertemuan Oktober Federal Reserve AS akan dirilis pada hari Rabu, sementara Christine Lagarde menyampaikan pidato pertamanya sebagai presiden Bank Sentral Eropa pada hari Jumat.

Rand Afrika Selatan turun untuk sesi pertama dalam empat menjelang pertemuan bank sentral akhir pekan ini, di mana diharapkan untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah pada 6,5 persen.

Rubel dan mata uang Rusia di ekonomi Eropa tengah dan timur termasuk Hongaria, Polandia dan Rumania sedikit lebih rendah.

Tetapi lira Turki menguat, juga didukung oleh komentar dari Presiden Tayyip Erdogan bahwa suku bunga akan terus turun.

Indeks saham Rusia naik 0,2%, dipimpin oleh kenaikan 5% untuk Yandex ketika perusahaan internet mengatakan program pembelian kembali sahamnya disetujui dan bahwa ia berencana untuk menyesuaikan struktur tata kelola perusahaan dalam upaya untuk menyesuaikan dengan “lingkungan peraturan yang berkembang” Rusia.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here