Pemuda ini Sukses Merintis Laundry Sepatu, Beranjak dari Hobi

0
346
Shoes laundry (Foto: Ezra Judah/ Vibizmedia)

(Vibizmedia – Lifestyle) Bicara sebuah penampilan dalam kaitan dengan lifestyle, pastilah yang namanya sepatu merupakan salah satu item yang penting. Dan berkembangnya zaman tren sepatu seperti sneakers, leather dan jenis-jenis sepatu lainnya di Indonesia, untuk merawatnya, maka mulai bermunculan jasa pencucian sepatu atau shoes laundry.

Hal inilah yang membuat Arya, pemuda berusia 20 tahun, tercetus ide untuk membuka shoes laundry bersama dengan teman-temannya. Bermula dengan hobi dan kecintaannya pada  sepatu, Arya paling tak betah melihat sepatu–sepatu bagus tetapi kotor. Pria asal Bogor ini pun mencoba memulai usahanya dengan membersihkan sepatu teman–teman indekos. ” Ya, itung – itung sebagai penghasilan sampingan lumayan-lah “ ujarnya sambil tertawa.

Etalase Shoes Laundry (Foto: Ezra Judah/ Vibizmedia)

Setelah memulai dari hal yang sederhana itu maka ia pun mencoba untuk mendalami dalam hal urusan mencuci atau merawat sepatu. Sekitar tahun 2017 ia pun belajar dari temannya yang memang sudah biasa mengerjakan jasa cuci sepatu, dengan cara membantu temannya tersebut. ”Belajar mulai dari cara ngelap, apa sabunnya hingga mempelajari sikat-sikat sepatu yang memiliki aneka ragam jenis dan manfaat “ tutur Arya ketika ditemui tokonya.

Arya, berawal dari hobi menjadi usaha shoes laundry (Foto: Ezra Judah/ Vibizmedia)

Setelah berbekal skill yang mencukupi maka Arya pun membuka toko shoes laundry nya dengan nama Nasty Clean-Up Laundry dengan temannya. Nasty Clean-Up ini berlokasi di Jl. Meruya Selatan No. 12, Jakarta Barat, DKI. Berjejer deretan sepatu hasil polesan Arya dan teman-temannya terpampang  di kaca etalase toko tersebut. Ya, bukan merupakan tempat yang besar tapi merupakan workspace yang gaul dengan disain minimalis. Dinding toko tersebut dicat dengan balutan warna biru cerah dengan tulisan nyentrik yang mudah dilihat oleh para pengguna jalan yang lalu lalang. Arya sendiri mendirikan Nasty Clean-Up ini sendiri bukan dengan tanpa alasan.

Nasty Clean-Up (Foto: Ezra Judah/ Vibizmedia)

Baginya shoes laundry sama halnya dengan potong rambut dimana tiap–tiap orang pasti memiliki rambut dan ketika merasa gerah dengan rambutnya atau kepanjangan maka akan potong. Maka begitu juga dengan sepatu dimana pasti semua orang punya sepatu dan pasti ketika kotor maka orang pasti harus membersihkannya. Teori itulah yang membuat Arya dan teman–temannya berani membuka usaha jasa cuci sepatu.

Shoes laundry milik Arya, Nasty Clean-Up Laundry (Foto: Ezra Judah/ Vibizmedia)

”Di sini juga tidak hanya sepatu, tapi juga untuk dompet, tas , topi baik berbahan kulit, bahan kanvas kami juga bisa bersihkan” ungkap Arya sambil membersihkan topi milik salah  seorang customer. Jason Mark Angsuvarn, merupakan inspirator dan kiblat bagi Arya secara pribadi, sehingga ia berani membuka usaha jasa cuci sepatu. Jason Mark Angsuvarn merupakan founder dari Jason Mark, yang pertama kali mengeluarkan produk pembersih sepatu di Los Angeles, Amerika Serikat pada tahun 2007.

Proses membersihkan sepatu di Nasty Shoes Laundry (Foto: Ezra Judah/Vibizmedia)

Itulah awal booming dari jasa shoes laundry di dunia, begitu juga akhirnya melanda  Indonesia. Inilah yang membuat Arya menjadikan kesempatan ini baginya selain untuk menyalurkan hobi ia pun berani menjual jasa cuci sepatu kepada kawula muda Indonesia.

Bagi Arya, Nasty Clean-Up hadir untuk menolong masyarakat di Jakarta dalam urusan fashion khususnya. ”Kalau mau bersihin sendri repot dan kebanyakan belum tentu semua orang tahu bagaimana cara membersihkan dan merawat sepatu, padahal sepatu salah satu penunjang gaya dalam berfashion, so…. disitulah kami hadir untuk membantu,“ ujar Arya mengakhiri perbicangan.

“Shoes transform your body language and attitude. They lift you physically and emotionally”. (Christian Louboutin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here