Nikkei 225 Melonjak 0.88% Didukung Sektor Peralatan Industri Dan Teknologi

0
285

(Vibizmedia – Index) – Saham Jepang naik pada hari Senin paling banyak dalam tiga minggu karena investor berbalik optimis tentang kemungkinan bahwa Amerika Serikat dan China akan mencapai kesepakatan untuk meredakan perang dagang mereka.

Pada 01:42 GMT indeks Nikkei naik 0,88% menjadi 23.315,15 karena eksportir di sektor peralatan industri dan sektor teknologi memimpin kenaikan, karena mereka mendapat keuntungan dari peningkatan permintaan luar negeri.

Gelombang optimisme terbaru datang setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Jumat kesepakatan perdagangan dengan China “berpotensi sangat dekat.” Presiden Tiongkok Xi Jinping juga menegaskan kembali keinginannya pada hari Jumat untuk kesepakatan perdagangan awal.

Namun, beberapa pedagang mengatakan mereka tetap skeptis karena negosiasi antara dua negara ekonomi terbesar di dunia ini dan sinyal yang saling bertentangan dari kedua belah pihak telah menyebabkan pasar berayun antara keuntungan dan kerugian.

Persentase kenaikan terbesar dalam indeks adalah pembuat komponen industri TDK Corp, yang naik 3,48%, diikuti oleh produsen logam non-ferrous Toho Zinc Co Ltd, naik 3,42%, dan Hitachi Construction Machinery Co Ltd, naik sebesar 3,36%.

Persentase kerugian terbesar dalam indeks adalah Sumitomo Dainippon Pharma Co Ltd, turun 2,35%, diikuti oleh Hino Motors Ltd, kehilangan 2,03% dan pembuat elektronik Panasonic Corp, turun 1,54 persen.

Washington dan Beijing telah memberlakukan tarif pada barang satu sama lain dalam perselisihan selama 16 bulan atas praktik perdagangan China yang menurut pemerintah AS tidak adil.

Tarif telah memperlambat aliran perdagangan dan pertumbuhan ekonomi, menjadikannya risiko terbesar bagi ekonomi global.

Jika kedua belah pihak dapat setuju untuk memutar kembali bahkan beberapa dari tarif ini, yang dapat memicu reli global dalam ekuitas dan aset berisiko lainnya.

Indeks Topix naik 0,82% pada Senin menjadi 1.705,14.

Volume saham yang diperdagangkan di dewan utama Tokyo Stock Exchange adalah 0,4 miliar, dibandingkan dengan rata-rata 1,27 miliar dalam 30 hari terakhir.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here