ASEAN dan Korea Rancang Kerja Sama 30 Tahun ke Depan

0
220
Presiden Joko Widodo menghadiri ASEAN-Republic of Korea Summit Plenary Season 1 di Busan Exhibition and Convention Center, pada Selasa 26 November 2019. FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Presiden Joko Widodo sampaikan pentingnya bagi ASEAN dan Korea untuk mempersiapkan diri, dengan mulai merancang kerja sama untuk 30 tahun mendatang.

Menurut Presiden, kesiapan Indonesia tersebut untuk menyongsong kemitraan ASEAN-Korea 30 tahun mendatang guna kemakmuran rakyat bersama, ungkapnya saat berbicara pada ASEAN-Republic of Korea (RoK) Summit Plenary Season 1 yang dilaksanakan di Busan Exhibition and Convention Center (BEXCO) pada Selasa (26/11).

Berdasarkan riset terhadap 32 negara dengan GDP terbesar dunia yang mewakili kurang lebih 85 persen GDP dunia, telah memprediksikan ekonomi dunia di tahun 2050. “Menarik untuk dicermati bahwa laporan tersebut memperkirakan akan terjadi pergeseran yang signifikan dari peran emerging economies yang akan melampaui negara maju,” jelas Presiden Jokowi.

Untuk itu, baginya, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan ke depan antara lain pelaksanaan structural reform, investasi yang efektif dan berkelanjutan, diversifikasi ekonomi dan mempersempit jurang perbedaan (inequalities).

Oleh karena itu untuk 30 tahun ke depan, Presiden Jokowi mengusulkan prioritas kerja sama ASEAN-RoK difokuskan pada beberapa bidang yaitu perdagangan, investasi, pendidikan riset dan teknologi, ekonomi kreatif, dan pengembangan energi terbarukan.

“Saya juga ingin mengusulkan ASEAN dan Korea membuat target dan rencana aksi bagi kemitraan ASEAN-RoK 30 tahun mendatang di bidang-bidang prioritas ini,” ungkap Presiden Jokowi.

Presiden menambahkan, ekosistem dan instrumen pendukung kerja sama ASEAN-RoK kedepan juga harus diperkuat, melalui rencana pendirian ASEAN-ROK Science and Technology Centre di Jakarta pada 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here