Indeks Pan European Stoxx 600 Naik Dipimpin Sektor Pertambangan

0
104

(Vibizmedia – Index) – Saham Eropa menyentuh tertinggi empat tahun pada awal perdagangan pada hari Rabu, karena komentar dari Presiden AS Donald Trump memicu harapan resolusi segera untuk perang dagang yang berlarut-larut dengan Cina.

Indeks pan-European STOXX 600 naik 0,1%, dipimpin oleh penambang yang sensitif terhadap perdagangan .SXPP, yang naik 0,8 persen.

Saham Eropa telah merangkak menuju rekor tertinggi bulan ini di tengah harapan bahwa dua ekonomi utama dunia akan meredakan perang dagang yang telah menumpulkan sentimen bisnis, mengurangi investasi perusahaan dan merusak pertumbuhan global.

Tetapi hambatan untuk gencatan senjata tetap ada, dengan rancangan undang-undang AS tentang hak asasi manusia di Hong Kong menjadi titik rawan bagi China. Reuters juga melaporkan minggu lalu bahwa kesepakatan sementara dapat meluncur ke tahun 2020, mengingat China meminta pengembalian tarif yang lebih luas.

Investor telah mengalihkan perhatiannya ke bank sentral AS untuk mendapatkan petunjuk tentang kebijakan moneter yang membendung penurunan global. Bank Sentral Eropa memangkas suku bunga lebih dalam ke wilayah negatif pada bulan September, sementara Federal Reserve AS telah menurunkan biaya pinjaman tiga kali tahun ini.

Sebuah jajak pendapat Reuters pada hari Rabu menunjukkan patokan indeks Eropa diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi pada akhir tahun depan, didukung oleh kebijakan pelonggaran moneter dan harapan akan Brexit yang tertib.

Saham Frankfurt yang sarat dengan ekspor .GDAXI diperdagangkan flat pada hari Rabu, sebagian besar mengabaikan data yang menunjukkan laba di perusahaan industri China menyusut pada laju tercepat mereka dalam delapan bulan pada bulan Oktober.

Perusahaan real estat Jerman, Aroundtown (AT1.DE) melonjak 4% ke rekor tertinggi setelah membukukan hasil kuartal ketiga yang lebih baik dari perkiraan dan meningkatkan perkiraan setahun penuh.

Teknologi kapal Finlandia dan pembuat pembangkit listrik Wartsila (WRT1V.HE) naik 3% karena satu broker menaikkan peringkatnya pada saham dan dua perusahaan riset meningkatkan target harga mereka.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here