Presiden Jokowi Dan Gubernur BI : Musim Dingin Telah Tiba…

0
177
Presiden Jokowi Membuka Pertemuan Tahunan BI 2019 DI Jakarta (Fadjar/VMN)

(Vibizmedia – Nasional)Bank Indonesia hari ini (28/11/2019) di Hotel Rafles Jakarta, menjamu makan malam berbagai tokoh perbankan, pemimpin lembaga tinggi negara, kepala daerah, duta besar, pejabat tinggi, akademisi dan tamu undangan lainnya dalam pertemuan tahunan kalangan perbankan. Gubernur BI Perry Warjiyo dan Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam acara yang bertajuk “Sinergi, Transformasi, Inovasi Menuju Indonesia Maju.” Dalam sambutannya Gubernur BI Perry Warjiyo hingga Presiden Joko Widodo, mengingatkan kembali apa yang disampaikan Presiden di Bali tahun lalu, bahwa penggalan film Games of Thrones akan menjadi kenyataan, winter is coming..musim dingin telah tiba..

Ekonomi global sangat tidak ramah, perang dagang meningkat dan diperkirakan belum pulih 2020. Gubernur BI, Perry Wardjio mengutip pesan Presiden yang menyatakan bahwa akan tiba musim dingin. Kebijakan moneter sendiri belum tentu efektif, volatilitas arus modal asing dan nilai tukar berlanjut, ekonomi dan keuangan digital meningkat, teknologi digital mempengaruhi perilaku manusia. Sebab alasan itu tiga kata penting sinergi, transformasi, inovasi menjadi tema untuk menghadapinya.

Lebih lanjut, Gubernur BI menyampaikan bahwa tiga pelajaran penting perjalanan ekonomi 2019 yang dapat dipetik sebagai strategi dalam menghadapi menurunnya globalisasi dan meningkatnya digitalisasi untuk memperkuat ketahanan dan mendorong pertumbuhan ekonomi menuju Indonesia maju ke depan. Pertama, Sinergi bauran kebijakan makroekonomi dan sistem keuangan yang diperkuat untuk ketahanan ekonomi nasional. Kedua, Transformasi ekonomi ditingkatkan agar pertumbuhan lebih tinggi melalui pengembangan sumber pertumbuhan dari dalam negeri dengan fokus pada industri manufaktur dan pengembangan pariwisata. Ketiga, Inovasi dalam ekonomi dan keuangan digital yang didorong untuk memperkuat daya saing dan kepentingan nasional serta mempersempit kesenjangan masyarakat.

Presiden Jokowi, dalam sambutannya mengibaratkan kondisi sekarang memang benar bahwa musim dingin telah tiba seperti dalam film Games of Thrones. Namun hal ini harus dihadapi seperti yang dilakukan Tom Hanks dalam film Cast Away. Inti dari film itu adalah Chuck Noland terdampar di sebuah pulau, namun mampu bertahan dan selamat. Tiga nilaiĀ  agar tetap eksis, bertahan ditengah kesulitan, mencari sumber baru, dan tetap optimis.

Jokowi menyampaikan kembali bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di G20 ranking ketiga dibawah Tiongkok, India dan di atas Amerika. Masuk ke tahun 2020 Presiden menyampaikan lima program prioritas pemerintah, termasuk didalamnya hilirisasi komoditas tambang sebagai bagian transformasi ekonomi. Rencana untuk penambahan devisa melalui sektor pariwisata untuk 10 destinasi unggulan.

Dalam kesempatan ini Bank Indonesia memberikan penghargaan (BI Award) tahun 2019 kepada 39 (tiga puluh sembilan) pelaku ekonomi dari 13 (tiga belas) kategori yang terdiri dari korporasi, individu, perbankan, dan klaster sebagai suatu bentuk apresiasi atas kinerja terbaik para pelaku ekonomi dalam mendukung pelaksanaan tugas BI. Penghargaan ini juga merefleksikan jalinan sinergi antara BI dan para pelaku ekonomi yang bersama-sama Pemerintah, OJK, dan LPS berupaya mewujudkan stabilitas makrekonomi dan memfasilitasi akselerasi pertumbuhan ekonomi secara sehat dan berkesinambungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here