Didukung Emiten Nikkei 225 Jepang Teruskan Penguatannya

0
31

(Vibizmedia – Index) – Saham Jepang naik pada hari Senin paling banyak dalam sebulan setelah data menunjukkan aktivitas pabrik China dan permintaan domestik meningkat, mengurangi kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Indeks Nikkei berakhir naik 1,01% pada 23.529,50, dipimpin oleh kenaikan di sektor diskresi konsumen dan sektor industri. Sejauh tahun ini indeks Nikkei 225 telah naik 16,38 persen.

Saham Jepang mulai cerah sebagai reaksi terhadap data pemerintah yang dirilis Jumat yang menunjukkan peningkatan di sektor manufaktur China yang luas, menunjukkan langkah-langkah stimulus Beijing mulai mendukung pertumbuhan.

Saham Jepang memperpanjang kenaikan setelah survei terpisah sektor manufaktur China direvisi untuk menunjukkan pertumbuhan tercepat dalam hampir tiga tahun, tetapi perang perdagangan yang sedang berlangsung antara Amerika Serikat dan China tetap berisiko terhadap prospek. Rebound data manufaktur China mendukung bursa saham Jepang.

Selain itu, penjualan online AS di Black Friday adalah tanda positif lain. Jika dua ekonomi terbesar dunia berada di pijakan yang kokoh, maka hal ini adalah tanda yang baik untuk perusahaan Jepang.

Ada 200 saham yang mengalami kenaikan pada indeks Nikkei dibandingkan 24 saham yang harganya turun pada hari Senin ini.

Persentase penambah terbesar dalam indeks Nikkei 225 ini adalah pembuat peralatan listrik GS Yuasa Corp naik 4,02%, diikuti oleh Taiyo Yuden Co Ltd naik 3,80% dan pembuat peralatan mesin Hitachi Zosen Corp naik 3,57%.

Persentase kerugian terbesar dalam indeks adalah pembuat kabel listrik Fujikura Ltd turun 2,55%, diikuti oleh Suzuki Motor Corp kehilangan 2,08% dan pengembang properti Tokyu Fudosan Holdings Corp turun 0,93%.

Beberapa saham Jepang mendapat dorongan setelah laporan penjualan online yang kuat di Amerika Serikat pada Black Friday pekan lalu, ketika perusahaan menawarkan diskon untuk menandai awal musim belanja akhir tahun.

Saham Jepang juga naik setelah yen jatuh ke level terendah enam bulan di 109,73 melawan dolar. Pelemahan yen meningkatkan pendapatan eksportir saat dipulangkan dari luar negeri.

Indeks Topix naik 0,89% pada hari Senin menjadi 1.714,49.

Volume saham yang diperdagangkan di dewan utama Tokyo Stock Exchange adalah 0,95 miliar, dibandingkan dengan rata-rata 1,26 miliar dalam 30 hari terakhir.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here