Membumikan Pancasila, Presiden Dorong Jajarannya Lewat Olahraga, Musik, dan Film

0
68
Presiden Joko Widodo memberikan kuliah umum terkait internalisasi dan pembumian Pancasila di Istana Negara, Selasa (3/12). FOTO: VIBIZMEDIA.COM|MARULI SINAMBELA

(Vibizmedia-Jakarta) Presiden Joko Widodo menyampaikan pentingnya ideologi dalam setiap kepemimpinan baik di kementerian, lembaga, juga bagi anak-anak muda.

Menurutnya, Pancasila harus menjadi napas, ideologi yang melandasi tiap kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, ungkapnya saat memberikan kuliah umum terkait internalisasi dan pembumian Pancasila di Istana Negara, Selasa (3/12).

Selain itu, Presiden menambahkan cara membumikan dan menanamkan nilai Pancasila harus menjadi perhatian. “Yang harus kita lihat, gimana membumikan, ini yang jauh lebih penting. Kita harus lihat, semua kementerian lembaga, harus jelas target utamanya itu siapa,” ungkap Presiden.

Jokowi mengingatkan jajarannya tersebut bahwa jumlah anak muda di Indonesia sangat besar mencapai 129 Juta. Oleh karena itu, penting untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada mereka.

“Kita harus mengerti paham media komunikasi yang mereka gunakan apa, semua harus mengerti,” ucap Jokowi. “Juga harus mengerti kegiatan mereka itu apa, konten yang mereka sukai itu apa, kegiatan yang mereka sukai apa, harus teridentifikasi betul,” ungkap Presiden.

Jokowi mengatakan, para anak muda di Indonesia memang memiliki kegiatan mulai dari sekolah, kuliah, hingga bekerja. Namun, yang memengaruhi mereka bukan hanya guru, dosen, atau atasan.

Baginya, kebanyakan anak muda, menyerap informasi dari berbagai media sosial hingga aplikasi berbagi pesan. “Ini jelas, siapa yang harus kita ajak, content creator penting sekali, sangat penting sekali, Youtubers, selebgram, vlogger, selebtwit, ini paling cepat lewat mereka-mereka ini. Media inilah yang akan mempercepat dalam kita membumikan Pancasila,” terang Jokowi.

Selain lewat media sosial, Jokowi juga meminta jajarannya bisa menanamkan nilai-nilai Pancasila lewat tiga hobi yang paling digandrungi anak muda, yakni olahraga, musik, dan film.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here