Bulog Kaji Harga Lelang Cadangan Beras Pemerintah

0
94
Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas di Kantor Presiden membahas pengelolaan cadangan beras pemerintah, pada Rabu (4/12).FOTO: BIRO PERS SETPRES

(Vibizmedia-Nasional) Kepala Badan Urusan Logistik (Ka Bulog) Budi Waseso mengkaji harga Cadangan Beras Pemerintah yang akan dilelang sebanyak 20.000 ton.

Cadangan Beras Pemerintah yang dimaksud adalah beras untuk program bantuan sosial pada 2017 yang disimpan di sejumlah daerah, namun pemberiannya dibatalkan.

“Tahun 2017 itu ada program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) awal, kita harus menyiapkan Bulog untuk BPNT awal, kita sudah dorong ke wilayah-wilayah. Ternyata dibatalkan BPNT itu, padahal itu barang sudah sampai ke daerah-daerah yang akan menerima BPNT. Jelas ya. Nah, kita enggak bisa tarik balik karena sudah dipaket 5 (lima) kiloan, ya kan,” terangnya.

Hal ini menyebabkan beras turun mutu,
“Sudah 2 tahun, turun mutunya,” sambungnya. Namun menurut Budi, beras tersebut dapat dijadikan produk bahan turunan, seperti tepung, makanan ternak, maupun bahan baku ethanol.

Cadangan Beras Pemerintah yang bernilai Rp160 miliar ini, jika dirata-rata harga pembelian di petani Rp8.000 per kilogram.

Ia menjelaskan Kementerian Keuangan akan menutup selisih antara harga lelang dari pembelian di tingkat petani sebesar Rp8.000 per kilogram.

“Jadi nanti kan yang harganya Rp8.000 kita jual Rp5.000, berarti yang kekurangannya Rp3.000 itu yang menanggung Menteri Keuangan,” ungkap Budi Waseso usai mengikuti rapat terbatas di Jakarta, Rabu (4/12).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here