Indonesia Dari Pengimpor Menjadi Pengekspor Beras di Tahun 2020

0
176

(Vibizmedia – Commodity) – Indonesia dari Pengimpor menjadi pengekspor beras di tahun 2020 demikian himbauan dari Presiden Jokowi ke Menteri Pertanian.

Indonesia mengatakan akan mengexport 100,000 sampai 500,000 ton beras premium pada tahun depan atas himbauan dari Presiden Jokowi demikian dikatakan oleh Menteri Pertanian.

Peningkatan ekspor beras Indonesia sangat kecil. Ekspor Indonesia dari Januari sampai Nopember tahun ini mengekspor  sebesar 200 ton beras

Sejak bulan Januari Indonesia sudah mempersiapkan untuk ekspor beras premium, sedang disiapkan bibitnya dan tempat penanaman beras. Selama ini Indonesia adalah negara pengimpor beras namun untuk tahun depan akan melakukan ekspor.

Pada 18 Nopember lalu Bulog mengumumkan menyimpan 2.25 juta ton beras karena besarnya impor di 2018. Persediaan akan diturunkan menjadi 1.3 juta ton mulai tahun 2020 dan akan terus sejumlah itu selama tahun depan.

Untuk melakukan ekspor maka diperlukan data persediaan dan penawaran beras global, dan baru saja pada tanggal 10 Nopember lalu USDA ( United States of Departemen of Agriculture)

Persediaan dan Permintaan Beras Global

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here