Perkuat Kompetisi dengan Negara Lain, Pemerintah Terus Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur

0
187

(Vibizmedia-Jakarta) Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur agar memperkokoh pondasi dalam berkompetisi dengan negara lainnya.

Ia menegaskan sesakit apapun, harus berani kita tahan agar yang namanya pembangunan infrastruktur betul-betul rampung dan selesai. Artinya kelanjutan pembangunan infrastruktur tetep kita laksanakan, ungkap Jokowi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12).

Sebab menurutnya, kelanjutan pembangunan infrastruktur adalah dengan menyambungkan pembangunan infrastruktur yang sebelumnya sudah dibangun seperti di kawasan-kawasan industri, kawasan-kawasan produksi peranian, produksi perikanan, kawasan wisata yang ada di setiap provinsi, di setiap daerah.

Dalam pembukaan Musrenbangnas tersebut, Presiden mencontohkan jalan tol sambungkan ke kawasan-kawasan pertanian. Siapa yang sambungkan? Ada pemprov, ada pemkab, ada pemkot, tugas bapak/ibu semuanya adalah sambungkan itu. Kalau tidak memiliki kemampuan di APBD bisa berkonsultasi pada Menteri PU berkonsultasi,” jelasnya.

Untuk itu, Ia meminta kepala daerah untuk dapat konsultasi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk menambah APBD yang ada di pemerintah daerah. “Nanti saya takutnya diasumsikan lain semua berbondong-bondong konsultasi ‘Pak APBD saya tidak mampu’. Wah ini yang bahaya,” ungkapnya.

Ia pun mengingatkan kepada para pimpinan daerah agar pembangunan bandara yang sebelumnya telah rampung dikerjakan pemerintah pusat untuk segera disambungkan ke kawasan wisata.

“Contoh Labuan Bajo. Ini lima yang kita konsentrasi. Labuan Bajo ini segera pembangunan airport-nya diperbaiki. Kedua, Manado juga sama airport-nya sedang dibangun. Kemudian Jogja, saya kira bulan ke 3-4 tahun depan sudah selesai. Mandalika juga sama, jalan menuju Mandalika dari airport juga sedang dalam proses pembangunan di 2020. Danau Toba juga sama. Ini yang berkaitan dengan kawasan wisata,” jelas Presiden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here