Peresmian Penggunaan Biodiesel B30 Lebih Cepat Dari Perencanaan

0
336
Presiden Joko Widodo meresmikan implementasi program Biodiesel 30% atau B30 di SPBU milik Pertamina MT Haryono, Jakarta Selatan. FOTO: VIBIZMEDIA.COM|MARULI SINAMBELA

(Vibizmedia- Commodity ) – Akhirnya implementasi dari penggunaan biodiesel B30 dilaksanakan lebih cepat dari perencanaanya di awal 2020, Presiden Joko Widodo meresmikan implementasi program B30 di SPBU milik Pertamina di Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12).

Presiden sampaikan bahwa program B30 ini bisa maju, tidak tahun 2020, tetapi akhir 2019 sudah dimulai. Karena ini percobaan sudah dimulai sejak November kemarin. Sudah berjalan, sehingga hari ini kita sampaikan bahwa B30 telah kita luncurkan dan ini bisa menghemat, yang saya paling senang ini bisa menghemat devisa Rp63 triliun, ungkapnya.

Selain menghemat devisa dengan maka akan terjadi penggunaan B30  – 9.59 juta kl biodiesel dan   permintaan minyak sawit naik 8.5 juta ton tahun depan.

Harga minyak sawit sempat terpuruk pada pertengahan tahun karena penolakan impor Uni Eropa namun dengan penerapan biodiesel dengan minyak sawit maka harga minyak sawit akan tergerak naik kembali, dan penyerapan minyak sawit Indonesia akan digunakan di domestik membuat petani sawit kembali bergairah untuk memproduksi minyak sawit.

Apalagi Presiden Jokowi menargetkan implementasi program biodiesel 40% (B40) bisa dilaksanakan mulai tahun depan dan B50 pada 2021, setelah penerapan mandatori B30 dimulai pada Desember 2019.

Selain itu, Presiden menambahkan yang tidak kalah penting, B30 akan menciptakan permintaan domestik dan multiplier effect terhadap 16 juta petani sawit kita. Program B30 yang nantinya ke B100 juta akan membuat kita tidak mudah ditekan-tekan lagi oleh kampanye negatif beberapa negara karena pasar dalam negeri yang sangat besarnya.

Program penggunaan B30 inilah yang juga mendorong negara-negara lain terutama penghasil minyak sawit dalam the Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC). Penerapan penggunaan Biodiesel juga diumumkan di Malaysia untuk penggunaan B20.

Peresmian Implementasi B30 oleh Presiden Jokowi Menggerakan Harga

Loni T / Analyst Vibiz Researc Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here