Review Mingguan Harga Kopi, Gula dan Kakao

0
288

(Vibiznews – Commodity)  –  Pada minggu terakhir tahun ini harga kopi, gula dan kakao pada penutupan pasar hari Jumat semuanya mengalami kenaikan.

Analisa fundamental di negara-negara produsen adalah sebagai berikut

Ekspor Vietnam, produsen kopi Robusta terbesar di dunia di 2019 turun 13.9% menjadi 1.61 juta ton.  Harga kopi robusta premium di Vietnam naik mencapai rekor karena persediaan sedikit petani Vietnam menyimpan hasil panennya menunggu harga meningkat lebih tinggi.

PM India Modi memberikan subsidi 60 milyar rupee ($842 juta) untuk mengatasi kekurangan air untuk irigasi bagi petani tebu dan beras, sehingga produksi gula dapat meningkat lagi. Harga gula naik karena produksi India, produsen gula terbesar kedua di dunia turun karena kekeringan dan tertundanya musim monsoon.

Harga kakao yang selama ini mengalami penurunan karena melimpahnya produksi pada akhir minggu ini naik karena menjelang pemilihan Presiden di Ivory Coast, aktivitas petani berkurang.

Harga kopi naik ke tertinggi satu minggu karena perkiraan persediaan sedikit. Harga gula di New York naik ke tertinggi 1 minggu  dan harga gula di London naik ke tertinggi 13 ¾ bulan karena persediaan sedikit. Harga kakao rally pada hari Jumat dengan harga kakao di New York tertinggi satu minggu dan harga kakao di London ke tertinggi dua minggu karena berkurangnya persediaan kakao.

Weekly Market Mover – Soft Commodities : Coffee – Sugar – Cocoa

Loni T / Analyst  Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here