Indeks Nikkei 225 Anjlok Terendah Sejak 4 Desember Lalu

0
109

(Vibizmedia – Index) – Rata-rata saham Nikkei Jepang jatuh ke level terendah satu bulan pada hari Senin karena aksi jual mencengkeram pasar pada hari perdagangan pertama tahun 2020 di tengah kekhawatiran dampak pada pertumbuhan ekonomi global dari meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran.

Presiden AS Donald Trump pada hari Minggu mengancam “pembalasan besar” terhadap Iran jika Teheran membalas balik atas pembunuhan salah seorang komandan militernya.

Rata-rata saham Nikkei turun 2,09% menjadi 23.161.16, menembus di bawah level dukungan dua utama – rata-rata bergerak 25 hari di sekitar 23.600 dan rata-rata 50 hari di sekitar 23.350 – ke level terendah sejak 4 Desember.

Topix yang lebih luas kehilangan 1,75% menjadi 1.691,20, jatuh ke level terendah sejak akhir November. Pasar saham Tokyo ditutup dari Selasa hingga Jumat pekan lalu untuk liburan Tahun Baru.

Kekhawatiran tentang eskalasi lebih lanjut dalam ketegangan Timur Tengah menghantam perusahaan jasa pengiriman laut dan maskapai penerbangan, yang masing-masing turun 4,0% dan 2,5%.

Ketika yen menguat karena pembelian safe-haven, sejumlah besar saham eksportir terpukul. Honda Motor turun 2,8%, sementara Fanuc turun 2,2% dan Toyota Motor Corp 2,2%.

Dua emiten kelas berat Nikkei, SoftBank dan Fast Retailing, juga mencatat penurunan yang cukup besar yaitu 3,6% dan 2,6%.

Sementara itu, lonjakan harga minyak membantu perusahaan-perusahaan minyak, dengan indeks produsen minyak dan batubara Bursa Efek Tokyo naik 2,9%.

Nissan Motor turun 1,5%, sejalan dengan pasar keseluruhan, ke level terendah delapan tahun. Mantan ketuanya Carlos Ghosn meninggalkan Jepang dengan jaminan selama liburan pasar Jepang.

Ghosn menghadapi empat dakwaan – yang dia tolak – termasuk menyembunyikan pendapatan dan memperkaya dirinya sendiri melalui pembayaran ke dealer di Timur Tengah. Nissan telah memecatnya perusahaan sedang melakukan penyelidikan internal untuk mengungkapkan pelanggaran termasuk mengecilkan gajinya saat ia menjadi chief executive, dan mentransfer $ 5 juta dana Nissan ke rekening tujuan yang dia tetapkan sendiri.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here