Harga Emas Dunia Melonjak Lebih Dari 2% Tembus Level USD 1.600 Dalam Hampir 7 Tahun

2
300

(Vibizmedia – Commodity) – Harga emas dunia melonjak lebih dari 2% pada hari Rabu untuk menembus level $ 1.600 untuk pertama kalinya dalam hampir tujuh tahun karena investor berbondong-bondong ke safe havens setelah Iran meluncurkan serangan rudal balasan terhadap pasukan A.S di Irak.

Harga kemudian naik dari tertinggi setelah tweet oleh Presiden AS Donald Trump dan menteri luar negeri Iran meredakan kekhawatiran atas eskalasi lebih lanjut dalam konflik, tetapi tetap didukung dengan baik.

Sementara harga emas di pasar spot 1% lebih tinggi pada $ 1,589.40 per ons pada pukul 07:58 GMT, setelah sebelumnya mencapai tertinggi sejak Maret 2013 di $ 1,610.90, naik 2,4%. Emas di bursa berjangka AS menguat 1,1% menjadi $ 1.590,90.

Televisi pemerintah Iran mengatakan bahwa setidaknya 80 “teroris Amerika” terbunuh dalam serangan yang melibatkan 15 rudal yang diluncurkan Teheran pada target AS di Irak pada hari Rabu pagi.

Langkah oleh Iran dilakukan beberapa jam setelah pemakaman komandan militer Teheran Qassem Soleimani, yang pembunuhannya dalam serangan pesawat tak berawak AS minggu lalu mengintensifkan kekhawatiran perang di Timur Tengah.

Keengganan terhadap risiko melonjak ketika serangan itu membuat pasar keuangan berantakan, mengacaukan saham Asia.

Namun, emas batangan menyerah beberapa keuntungan setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan dalam tweet Selasa malam bahwa “Semua baik-baik saja!” dan bahwa ia akan membuat pernyataan pada Rabu pagi. Emas dianggap sebagai investasi yang aman pada saat terjadi kekacauan politik dan ekonomi.

Di tempat lain, paladium mencapai puncak sepanjang masa lainnya dari $ 2,079,50 per ounce pada defisit pasokan berkelanjutan, dan bertahan naik 1,3% menjadi $ 2,078,00.

Harga perak 0,7% lebih tinggi pada $ 18,52 per ons, setelah sebelumnya mencapai tertinggi sejak awal September di $ 18,85, sementara platinum turun 0,2% pada $ 969,46.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here