Langit Manila Siang Ini, Terdampak Abu Letusan Taal Volcano

0
209
Langit Manila Siang Ini, Masih Terdampak Abu Letusan Taal Volcano, 13 Jan 2020 (Foto Adita R. Pratiwi/ Kontributor VM)

(Vibizmedia – Internasional) Gunung berapi Taal (Taal Vulcano) di Pulau Luzon – Filipina, seperti dilansir dari Reuters Senin (13/01/2020), mengeluarkan letusan yang menghasilkan abu setinggi 1 km disertai dengan suara gemuruh dan getaran. Diperkirakan aktivitas gunung tersebut dapat menyebabkan erupsi berbahaya dalam beberapa minggu ke depan.

Pemerintah Filipina mengeluarkan peringatan letusan eksplosif dari gunung berapi Taal melalui Departemen Ilmu pengetahuan dan Teknologi Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina, dan memberikan peringatan naiknya level waspada erupsi. Level peringatan meningkat dari level 3 (pergerakan magma) menjadi level 4 (erupsi berbahaya segera terjadi) pada pukul 19.02 PST, Minggu (12/1).

Terkait dampak letusan Gunung api Taal yang melontarkan abu cukup tinggi ini, maka aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Ninoy Aquino di Manila, Filipina dihentikan.

Tampak pada foto suasana kota Manila siang ini diambil dari sebuah apartemen, menunjukkan langit masih penuh dengan abu. Sesuai instruksi peringatan Departemen Kesehatan Filipina mengenai bahaya paparan abu yang dapat mengganggu kesehatan, masyarakat disarankan tetap tinggal di dalam rumah, jika terpaksa harus ke luar rumah disarankan menggunakan masker debu dan kacamata untuk perlindungan.

Foto: Adita R. Pratiwi/ Kontributor Vibizmedia di Manila

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here