Mencari Peluang Bisnis?

0
523

(Vibiz Media-Manajemen) Guys, lagi mikirin apa? Pasti memikirkan masa depan bukan? Walaupun belum terlihat apa yang didepan tapi kita memang paling sering memikirkannya. Saya berbincang-bincang dengan seorang anak muda yang baru saja lulus kuliah dari salah satu universitas terkenal di Jakarta. Ketika saya tanyakan, apa nih cita-citanya dan mau jadi apa. Jawabannya tepat seperti dugaan saya, mau mendirikan perusahaan dong… jadi startup. Memang berbisnis dan menjadi startup itu adalah keinginan sebagian besar anak-anak muda masa kini. Universitas-universitas pun kini berlomba-lomba memposisikan diri sebagai kampus pencetak “entrepreneur”.

Nah, harus pintar-pintar dan jeli melihat peluang apa yang ada di sekitar kita agar mendapatkan kesempatan emas untuk mulai berbisnis. Einstein mengatakan bahwa kesempatan itu datang ditengah kesulitan “ In the middle of difficulties lies opportunity” . Apa maksudnya, mungkinkah di tengah kesulitan itu ada peluang bisnis?

Kesulitan yang dimaksud adalah masalah. Dibalik masalah selalu ada peluang. A good product comes from a problem. Logikanya, jika suatu produk dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah dan produk tersebut terbukti menjadi solusi yang mampu memecahkan masalah, maka dijamin produk tersebut akan sangat dibutuhkan orang… dijamin pasti laku deh. Sebaliknya kalau produk dibuat asal-asalan, dibuat semau kamu saja atau sekedar memenuhi hobby, tidak peduli apakah dibutuhkan orang, bakal laku atau tidak di pasaran, maka produk seperti ini biasanya tak berumur panjang.

Produk startup masa kini inovatif dan menggunakan technology digital dimana-mana. Hal ini sangat menolong sehingga user atau pelanggan menjadi mudah bertransaksi, bahkan akan menjadi ketagihan untuk membeli lagi dan lagi.

Sebagai contoh ide bisnis yang berasal dari problem misalnya adanya kebutuhan di keluargamu untuk mencari perawat untuk orang tua yang sakit atau suster buat menjaga anak-anak. Buat saja aplikasi untuk bisnis penyediaan tenaga ahli seperti suster anak-anak, perawat orang tua. Melalui apps ini orang bisa mendapatkan suster dan perawat berkualitas misalnya. Bahkan bukan hanya penyediaan perawat saja, bisa saja juga berkembang dengan juga menyediakan alat-alat yang dalam proses perawatan. Nah, model yang kayak gini bakalan laku deh, karena dibutuhkan orang-orang yang punya masalah dan kebutuhan akan layanan homecare yang professional. Ide bisnis seperti ini merupakan ide bisnis yang universal dan dapat dibutuhkan dimana-mana.

Dari contoh diatas, ternyata ide bisa datang dari kepedulian kita lho. Kepedulian adalah modal untuk dapat melihat ketulusan dalam mencari solusi dari sebuah masalah dan so pasti kudu diteruskan dengan semangat mengerjakan yang terbaik hingga jadilah produk dapat diterima oleh masyarakat luas.

So..kalau begitu hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan peluang?

Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

  • Rajinlah melihat sekelilling dan jangan cuek
  • Rajinlah bertanya kepada banyak orang kesusahan apa yang mereka hadapi
  • Senanglah menolong orang lain, dengan menolong bisa jadi akan ada ide yang datang untuk menciptakan produk yang bermanfaat.

Selanjutnya jika ide datang, jangan kerjakan sendirian. Bentuklah team untuk brain storming hingga dapat bersama-bersama merancangkan produk terbaik dan ujilah produk tersebut berkali-kali sebelum akhirnya benar-benar memutuskan untuk membuat usaha. Siapa tahu, datang investor yang berkenan memberikan suntikan dana dan membuat usahamu berhasil.

Berani mencari peluang? Sekaranglah waktunya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here