Pentingnya Ekosistem Dalam Mendukung Pertumbuhan Startup

0
591

Pentingnya Ekosistem Dalam Mendukung Pertumbuhan Startup

Startup Indonesia dalam pertumbuhannya berhasil menduduki peringkat pertama di ASEAN. Startup memang semakin berkembang pesat. Pertumbuhan startup selama tahun 2019 mencapai 30%. Suatu peningkatan yang luarbiasa! Tidak bisa dipungkiri hal ini karena Indonesia terus membangun ekosistem yang sangat mendukung startup.

Ekosistem merupakan tempat semua unsur dalam lingkungan saling berinteraksi satu dengan yang lain dan saling membutuhkan. Ekosistem startup di Indonesia yang sudah dimulai beberapa tahun belakangan ini kini semakin matang. Hal ini diakui oleh para investor asing maupun lokal yang datang ke Indonesia. Rata-rata investor sangat antusias melihat pertumbuhan digital ekonomi Indonesia yang sangat cepat. Kematangan ekosistem Indonesia akan menentukan pertumbuhan start up menuju Indonesia 2025. Ekosistem ini antara lain adalah:

  1. Pemerintah pusat dan daerah
  2. Startup
  3. Venture Capital
  4. Kampus
  5. Perusahaan-perusahaan besar
  6. Media
  7. Infrastruktur

Dukungan pemerintah kepada startup memang terus bergulir. Beberapa kementrian dan BEKRAF rutin mengadakan event-event startup pada tahun 2019 kemarin. Presiden Jokowi selama periode pemerintahan yang lalu juga beberapa kali menghadiri acara startup sebagai bentuk dukungan dan antusiasme serta optimisme yang besar terhadap pertumbuhan startup.

Saat saya hadir dalam acara PE VC Summit Indonesia 2020 yang baru saja diselenggarakan, jelas memang Indonesia menjadi sangat menarik bagi para investor. Indonesia seperti memiliki magnet yang besar dan meyakinkan bagi para calon investor. Startup Indonesia dinilai berkualitas dan mayoritas bergerak dalam fintech. Appetite kebanyakan Venture Capital saat ini adalah startup fintech pada early stage. Fintech startup Indonesia bagaikan primadona yang dikerubungi oleh banyak venture capital dari berbagai negara. Kehadiran para Venture Capital yang semakin meningkat semakin memperkuat ekosistem startup. Saya sendiripun sangat antusias melihat para startup Indonesia yang muda, pintar dan semangat. Begitu ingin menantikan munculnya Unicorn-unicorn baru dari Indonesia.

Kampus yang belum mencanangkan diri sebagai kampus entrepreneurpun kini bergerak menjadi kampus yang menciptakan entrepreneur. Bahkan mata kuliah kewirausahaan kini sudah menjadi hampir  serupa seperti program pre-startup. Mahasiswa-mahasiswa tingkat akhir mulai berinovasi dan memulai usaha lebih dini lagi, sebelum mereka lulus kuliah. Rata-rata startup yang saya temui memulai bisnis mereka di semester 7 atau 8 masa kuliah. Itu sebabnya semakin muda usia mereka menggapai keberhasilan. Milenial memang sedang bergairah terhadap dunia startup. Kehidupan mereka yang sangat kental dengan digital dan fintech serta penuh kreativitas menciptakan banyak ide dan peluang.

Ekosistem startup Indonesia harus terus semakin dimatangkan, komunitas startup harus semakin diperkuat dan dukungan berbagai pihak harus terus ditingkatkan. Diharapkan kelak akan ada tempat semacam campus startup seperti Stasion F di Perancis dimana ekosistemnya telah dibangun dalam satu tempat yang strategis.  Jika kamu bagian dari Indonesia, yuk ambil bagian, dukung Indonesia maju, itu harapan kita!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here