4 Fakta Menara Eiffel, Yang Belum Tentu Anda Tahu!

0
709
Foto : Sari

(Vibizmedia – Gaya Hidup & Hiburan) – Menuruni langit kota Paris yang biru,  sambil  memandang  jendela  pesawat, terlihatlah struktur bangunan besi yang menjulang tinggi. Bangunan itu sudah sangat terkenal, bentuknya sepintas  seperti huruf A, terbuat dari rangkaian baja. Ya, seperti  itulah  sekilas   pemandangan  Menara Eiffel dari jendela pesawat.

Menara Eiffel, memang merupakan ikon kota Paris yang tersohor. Turis yang pertama kali mengunjungi Paris, biasanya tak melewatkan momen mengunjungi Menara Eiffel. Namun, tahukah Anda, bahwa Menara Eiffel memiliki 4 fakta menarik? Ini dia..

Fakta Pertama

Menara Eiffel dibangun selama dua tahun (1887-1889). Nama Menara Eiffel, berasal dari nama sang arsitektur, Gustave Eiffel. Percaya atau tidak, awalnya Gustave Eiffel berencana membangun menara ini di kota Madrid, namun ditolak karena dianggap aneh dan mahal, dan struktur bangunannya tidak cocok dengan kota.

Untunglah, pada akhirnya menara ini dibangun di kota Paris. Kalau tidak,  dapat dibayangkan  Paris tanpa menara Eiffel,  “oh la la..”

Ada cerita menarik ketika pertama kali menara ini dibangun. Pembangunan Menara Eiffel dikritik banyak orang karena dianggap merusak pemandangan indah kota Paris. Rancang bangunnya terbuat dari besi dan tidak elok dipandang.  Dan banyak lagi yang menentangnya. Namun setelah diresmikan pada 31 Maret 1889, Menara setinggi 325 meter ini telah menjaring jutaan orang dari seluruh dunia terkagum-kagum. Bahkan, pengunjung kesana tercatat sekitar 12.000 orang dalam sehari.

Menara Eiffel terdiri dari tiga tingkat. Tingkat Satu dan dua dapat dinaiki dengan tangga maupun lift. Sedangkan tingkat tiga hanya dapat dinaiki dengan lift.  Ada beberapa Restaurant di dalam menara Eiffel. Salah satunya adalah Restaurant  Le Jules Verne. Jules Verne sendiri adalah pengarang Prancis yang  sangat terkenal. Salah satu karyanya adalah “Around The World in 80 Days”.

Fakta Kedua

Berbicara tentang  restaurant ,  adalah Guy de Maupassant, salah satu pencemooh menara Eiffel yang hobinya makan siang di atas Menara Eiffel. Ia melakukannya agar tidak melihat bangunan megah itu di pelupuk matanya. Lucu, tapi itulah faktanya. Namun kenyataanya, Guy de Maupassant telah menjadi bagian dari Menara Eiffel.

Fakta Ketiga

Menara Eiffel selalu terlihat banyak pengunjung. Apalagi di musim liburan pertengahan tahun.  Dimana-mana terlihat antrian wisatawan.  Mereka harus membayar sebesar 14.50 Euro. Menaiki sekitar 300 anak tangga menuju lantai satu dan dua adalah kegiatan yang sangat menggairahkan. Sambil menaiki anak tangga, Anda bisa melihat taman-taman indah  di tata apik (Les Jardin des Tuileries), bangunan-bangunan megah lainnya seperti Sacre Coeur, Palais Garnier, L’ Arc de Triophe  dan lainnya .  Tidak peduli dengan keriuhan  turis lainnya, semuanya senang memandangi kota Paris dari atas.

Fakta Keempat

Cukup dengan 3 fakta diatas? Tentu tidak. Cobalah Anda masuk lift transparan yang merupakan bagian dari Menara Eiffel itu. Perlahan, lift akan naik dan membawa Anda ke ketinggian 325 Meter. Semakin tinggi, pastinya akan semakin terlihat seluruh kota Paris yang indah. Dan uniknya, Anda akan banyaknya melihat bangunan yang ada berwarna putih dari atas, meskipun beberapa ada juga yang berwarna lain. Karena pemandangan bagunan putih yang mendominasi, maka tak heran, jika Paris di jaman dahulu disebut Lutetia oleh Julius Caesar, yang bisa diartikan sebagai Daerah Putih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here